Implementasi Teori Belajar Humanisme Dalam Pembelajaran PAI Kelas VII Di SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8186Abstract Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui baimana bentuk implementasi pembelajaran humanistic diprakarsai oleh Carl R Rogers tentang pembelajaran agama Islam dengan penerapan teori humanisme di SMP Diponegoro, Depok, Sleman, Yogyakarta. Pada kenyataannya bentuk implementasi ini sangat penting sangat penting karena dapat membentuk peserta didik memiliki sikap bersosial tinggi, saling menghargai, memupuk kebersamaaan dan ukhuwah Islamiyah sehingga pendidikan di sekolah dapat memahami potensi yang dimiliki oleh siswa tidak hanya bidang kognitif tetapi lebih ditekankan dalam aspek sosial. Penelitian ini dilakukan di SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta dan bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penerapan teori ini telah bermanfaat bagi perkembangan belajar siswa di sekolah. Pada kenyataannya, tenaga pendidik atau guru di SMP Diponegoro sudah sedikit banyak menerapkan teori humanisme terkait dalam pengembangan materi PAI guna meningkatkan rasa peduli peserta didik dengan sesama teman dan lingkungan sekolah yang ada. Dilakukan dengan Dalam penelitian lapangan, pendekatan kualitatif digunakan, bersama dengan pendekatan deskriptif untuk mencoba menjelaskan serta mengidentifikasi secara mendalam terkait bagaimana pengimplementasian teori dalam belajar secara humanistik oleh Carl R Rogers tentang pembelajaran agama Islam dengan penerapan teori humanisme di Strategi guru PAI SMP Diponegoro khususnya dalam menyikapi peserta didik yang terus mengikuti perkembangan zaman saat ini yaitu dengan cara pendekatan setiap individu agar tidak terlalu larut kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik dan yang paling terpenting ialah setiap guru di sekolah guru PAI khususnya memberikan keteladanan atau pembiasaan berperilaku baik dalam beraktifitas di lingkungan sekolah. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi terkais kasus yang terjadi di lingkungan SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Data penelitiaan diperoleh menggunakan responden seorang guru yang mengajar mata pelajaran PAI dan telah mengimplementasikan teori humanistik didalam pembelajaran di sekolah
References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2020). Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Implementasi). In Presiden Republik Indonesia.
Alfarabi, M. (2015). Pendidikan orang dewasa dalam Alqur’an. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–75.
Azhari, A. N. (2021). Pendidikan Humanis (Studi Komparasi Pemikiran Paulo Freire Dan Abdurrahman Masud). Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 173–192. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir
Binus, U. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Pandangan Abraham H. Maslow & Carl Rogers – Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08/implementasi-teori-belajar-humanisme-dalam-pandangan-abraham-h-maslow-carl-rogers/
David Y, D. S. A. P. (2023). 1 1,2,3. 3, 280–290.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Dr. Herpratiwi, M. P. (2016). Buku Teori Belajar dan Pembelajaran. In Media Akademi (p. 79).
Fadhilah, Z. H., & Hudaidah, H. (2021). Paradigma Baru Pendidikan Islam Kontemporer Di Indonesia. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 79–94. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1787
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209–230. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140
Johari, S. (2018). Teori Pembelajaran. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1).
Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Qodri, A. (2017). Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatka Prestasi belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.
Rahmawati, A. Y. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran tangga pintar dan ular tangga pintar pada penjumlahan dan pengurangan terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran matematika di MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN (Issue July).
Ratu, B. (2015). Psikologi Humanistik (Carl Rogers). Psikologi, 1951, 10–18.
Saga, S. (2006). Syaiful Sagala,. 21–59.
Sugiyo, & Amin, Z. N. (2022). Pendalaman Materi Bimbingan dan Konseling. In Modul Layanan Responsif (p. 149). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.scribd.com/document/511392226/Bimbingan-dan-Konseling-Modul-5-FINALISASI-dengan-cover
Syarifuddin, S. (2022). Teori Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Di Sekolah. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 106–122. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.837
Utami, E. N. (2020). Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya. https://www.gramedia.com/literasi/teori-belajar-humanistik/
Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421
Zubaidah, S., 2016/12/10, P.-, -, S., PEMBELAJARAN, T.-K. A. K.-21: K. Y. D. M., & -, E. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Https://Www.Researchgate.Net/, 2, 1–17. https://www.researchgate.net/publication/318013627_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_KETERAMPILAN_YANG_DIAJARKAN_MELALUI_PEMBELAJARAN
Zulfikar, Hariko, R., Muwakhidah, & Aritonang, N. (2017). Konseling Humanistik: Sebuah Tinjauan Filosofi. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 146–151. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1655
Alfarabi, M. (2015). Pendidikan orang dewasa dalam Alqur’an. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–75.
Azhari, A. N. (2021). Pendidikan Humanis (Studi Komparasi Pemikiran Paulo Freire Dan Abdurrahman Masud). Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 173–192. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir
Binus, U. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Pandangan Abraham H. Maslow & Carl Rogers – Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08/implementasi-teori-belajar-humanisme-dalam-pandangan-abraham-h-maslow-carl-rogers/
David Y, D. S. A. P. (2023). 1 1,2,3. 3, 280–290.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Dr. Herpratiwi, M. P. (2016). Buku Teori Belajar dan Pembelajaran. In Media Akademi (p. 79).
Fadhilah, Z. H., & Hudaidah, H. (2021). Paradigma Baru Pendidikan Islam Kontemporer Di Indonesia. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 79–94. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1787
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209–230. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140
Johari, S. (2018). Teori Pembelajaran. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1).
Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Qodri, A. (2017). Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatka Prestasi belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.
Rahmawati, A. Y. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran tangga pintar dan ular tangga pintar pada penjumlahan dan pengurangan terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran matematika di MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN (Issue July).
Ratu, B. (2015). Psikologi Humanistik (Carl Rogers). Psikologi, 1951, 10–18.
Saga, S. (2006). Syaiful Sagala,. 21–59.
Sugiyo, & Amin, Z. N. (2022). Pendalaman Materi Bimbingan dan Konseling. In Modul Layanan Responsif (p. 149). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.scribd.com/document/511392226/Bimbingan-dan-Konseling-Modul-5-FINALISASI-dengan-cover
Syarifuddin, S. (2022). Teori Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Di Sekolah. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 106–122. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.837
Utami, E. N. (2020). Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya. https://www.gramedia.com/literasi/teori-belajar-humanistik/
Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421
Zubaidah, S., 2016/12/10, P.-, -, S., PEMBELAJARAN, T.-K. A. K.-21: K. Y. D. M., & -, E. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Https://Www.Researchgate.Net/, 2, 1–17. https://www.researchgate.net/publication/318013627_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_KETERAMPILAN_YANG_DIAJARKAN_MELALUI_PEMBELAJARAN
Zulfikar, Hariko, R., Muwakhidah, & Aritonang, N. (2017). Konseling Humanistik: Sebuah Tinjauan Filosofi. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 146–151. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1655
Downloads
Published
2023-12-30
Issue
Section
Artikel
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.