Mengoptimalkan Keterampilan Administrasi Keuangan Melalui Inovasi E-Modul Berbasis Flipbook: Sebuah Analisis Fisibilitas

Ari Wibowo* -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Sri Sumaryati -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Sudiyanto Sudiyanto -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8131

Keterampilan administrasi keuangan adalah inti dalam mengelola organisasi mahasiswa, namun sering kali terdapat kesenjangan keterampilan yang membuat pengelolaan organisasi menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis fisibilitas e-modul berbasis flipbook dalam meningkatkan keterampilan administrasi keuangan mahasiswa. Penelitian ini dirancang dengan metode kuantitatif deskriptif, dengan menekankan pada penerapan e-modul berbasis flipbook dalam pelatihan sebagai intervensinya. Sampel penelitian terdiri dari 30 pengurus organisasi yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner penilaian fisibilitas e-modul. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbook memiliki fisibilitas tinggi untuk meningkatkan keterampilan administrasi keuangan mahasiswa, dengan content feasibility index (CFI) sebesar 0.86 yang menunjukkan kriteria sangat layak. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan dan evaluasi e-modul berbasis flipbook sebagai alat pembelajaran inovatif, yang berpotensi untuk membimbing praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran digital efektif dalam mengoptimalkan efektivitas dan kualitas pembelajaran.

Keywords
Fisibilitas; e-modul; flipbook; administrasi keuangan.
  1. Abdurrahman, J. (2018). Sistem Pengelolaan Kinerja Keuangan Dan Administrasi Di Kantor Pemerintahan. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3865
  2. Afifah, R. F. N., A, Putranto, A., & A. (2023). Penerapan Metode Outdoor Study Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 4 Tulungagung. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 208–218. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7144
  3. Aini, N., Sari, E. M. P., & Rikarda, W. A. (2020). e-Module Design with Content Based Instruction in Reading for Academic Purpose. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(2), 73–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i22020p073
  4. Azaluddin Azaluddin, Syamsul Bahri Bahar, & Abdul Rahim. (2022). Pelatihan Administrasi Keuangan Organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyah Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 1(3), 83–89. https://doi.org/10.59059/jpmis.v1i3.35
  5. Bati, B., & Sahla, H. (2020). Pelatihan Administrasi Keuangan Dan Manajemen Keuangan Kepada Umkm Nasabah Bri Cabang Kisaran. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat. http://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/1793%0A
  6. Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267
  7. Hamid, S. N. M., Lee, T. T., Taha, H., Rahim, N. A., & Sharif, A. M. (2021). E-Content Module For Chemistry Massive Open Online Course (Mooc): Development And Students’ Perceptions. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 67–92. https://doi.org/10.3926/jotse.1074
  8. Hartono, R., Tri, F., & Mulyadi, P. (2022). Pelatihan Administrasi dan Keuangan pada Kelompok Keswadayan Masyarakat. Jurnal Semarak Mengabdi, 1–6. https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/27
  9. Higgins, J., & Siritararatn, N. (2022). A Development of a Teaching Module for Enhancing Interactional and Intercultural Competence of Aviation Undergraduate Students. LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network, 15(1), 775–808. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/LEARN/article/view/256746
  10. Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace for Education untuk Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru MTs. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1005–1018. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1268
  11. Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
  12. Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
  13. Mardiyani, S. A., Sari, D. N., Koti, S., Cahyati, R., Safitri, H., Aziz, M. A., Muslim, B., Afriadi, A., Frandika, D. H., Hendrawan, D., & Sukmana, P. E. (2020). Digitalisasi Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Informasi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 188. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6533
  14. Marisa, U., Yulianti, & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(September), 323–330. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/514
  15. Merona, S. P. (2019). Penggunaan Modul Statistika Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 11–17. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1637
  16. Mulyasari, P. J., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM untuk Meningkatan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2220–2236. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1158
  17. Oktariyanda, T. A., & Pradana, G. W. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Komunikasi Bagi Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 111. https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2511
  18. Rahmat, M., Nasution, L., Ichsan, R. N., & Ali, T. M. (2022). Pelatihan Pemahaman Administrasi Praktis Dalam Pengembangan Organisasi. Jurnal PKM Hablum Minannas, 1(2), 31–36. https://doi.org/10.47652/jhm.v1i2.182
  19. Rahmatsyah, S. W., & Dwiningsih, K. (2021). Development of Interactive E-Module on The Periodic System Materials as an Online Learning Media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 255. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.582
  20. Rohman, A. D., Lutfiatunnisa., & Musyarofah, U. (2023). Pelatihan Administrasi Sebagai Upaya Peningkatan Tertib Administrasi dan Penguatan Softskill di Lingkungan Organisasi Kemahasiswaan FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat., 1(2), 285–290. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i2.533
  21. Sahfitri, D. I., & Syafina, L. (2022). Sistem Pengelolaan Kinerja Keuangan Dan Administrasi Di Kantor Pemerintahan Walikota Medan. CERMIN: Jurnal Penelitian, 6(1), 253. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1789
  22. Sari, D. M., & Nugraha, J. (2018). Pegembangan modul pengelolaan kas kecil berbantuan adobe flash dengan pendekatan saintifik kelas xi apk SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(1), 22–28. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/24277
  23. Sasmito, A. P., Wahyuni, F. S., & Zahro, H. Z. (2023). Rancang Bangun e-Modul Berbasis Android Materi Pelatihan Microsoft Office dan Google Spreadsheet di RW 10 Desa Pesanggrahan Kota Batu. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO), 08(1), 6–13. https://doi.org/10.25273/jupiter.v8i1.16056
  24. Sukawirya, G. B., Arthana, ., I. K. R., & Sugihartini, N. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Project Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 203. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9566
  25. Syahrial, S., Asrial, A., Kurniawan, D. A., & Damayanti, L. (2021). Comparison of Print Modules and E-Modules to the Tolerance Character of Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 298. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34351
  26. Wibawanto, H., Roemintoyo, R., & Rejekiningsih, T. (2022). Simulation-based interactive multimedia to improve vocational students’ learning outcomes. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(6), 1927–1942. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i6.8363
  27. Widyowati, N. D. (2018). Pengembangan E-modul Berbasis Group Investigation Pada Materi Contoh Bukti Transaksi di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Administrasi Perkantoran, 6(2), 58–64. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/25829
  28. Yulaika, L. (2022). Demonstrasi E-Modul Administrasi Perkantoran Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kontetkstual Kelas X Otkp Smk Negeri I Turen. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 227–251. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/59

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-05
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: