Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Bermuatan Ethnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Restiana Pernanda IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak
  • Wandra Irvandi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8097

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Solving bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang dilihat dari tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan penegmbangan atau Research and Development dengan rancangan penelitian Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Tanah Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat dengan subjek penelitian 16 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa, serta lembar posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid dengan kevalidan media mencapai 86% dan kevalidan materi mencapai 84%, tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis ditunjukan dengan angket respon siswa yang mencapai nilai 95 % dan angket respon yang diberikan guru mencapai nilai 96%, tingkat keefektifan dengan kriteria efektif berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah. Hasil tes menunjukan rata-rata siswa mendapatkan nilai 82,5. 

References

Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444
Darmawati, D. (2019). Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik. Phinisi Integration Review, 2(2), 218. https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.9993
Fadhila, S. A., & Isnarto. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 490–496. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/67016/23919
Hanisah. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Aljabar Melalui Metode Sokratis Pada SMA Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 8(1), 110–120.
Isnaini, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2017/2018 (Vol. 0, Issue 0).
Jacob, C. (2020). Pemecahan Masalah Sebagai Suatu Tujuan, Proses Dan Keterampilan Dasar. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI, 1(1), 1–11.
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259
Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788.
Said, F. F., Susanto, A., & Utami, N. P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 85–98. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.6020
Saifudin, F. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Saputri, R., Deswita, P., Fauzi, A., & Wulan, R. (2020). Efektifitas pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) fisika sma berbasis model pembelajaran generatif. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 2(6), 126–134.
Sintiya, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Logaritma Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9 (1).
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Sintiya, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Logaritma Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9 (1).
Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). Pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika (studi kasus pembelajaran matematika di China)

Published

2023-12-30