Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Surat Resmi di Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7190Abstract Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai perguruan tinggi besar di Kabupaten Ponorogo menggunakan surat untuk berkomunikasi baik internal maupun eksternal. Salah satu unsur penting dalam penulisan surat adalah penggunaan ejaan, Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) harus dijadikan pedoman dalam penulisan surat resmi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan pemakaian EYD, khususnya pemakaian huruf kapital dan pemakaian tanda baca, khususnya tanda baca titik, koma, dan titik dua dalam surat resmi di Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi dan teknik analisis data dengan teknik kajian. Berdasarkan hasil analisis, dalam surat resmi yang dikeluarkan Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun 2022 ditemukan bentuk kesalahan pemakaian huruf kapital pada penulisan lampiran surat, perihal surat, alamat tujuan, salam, isi surat, identitas pengirim, dan tembusan surat. Tipe kesalahan pemakaian huruf kapital dalam isi surat meliputi kesalahan penulisan nama dokumen resmi, kata umum, kata tugas, kata sifat Tuhan, akronim, nama tempat, dan lambang bilangan. Sementara itu, dalam penggunaan tanda baca titik ditemukan bentuk kesalahan pada penulisan singkatan nama tahun, singkatan gelar akademik, nama resmi lembaga, nama dokumen resmi, dan satuan mata uang. Dalam penulisan tanda baca koma ditemukan kesalahan pada pemisahan anak kalimat yang mendahului induk kalimat, pemerincian, penanda penghubung kalimat, dan pemisahan predikat yang mendahului subjek. Adapun dalam penggunaan tanda baca titik dua ditemukan kesalahan pada pemakaian titik dua yang mendahului keterangan tujuan, keterangan waktu, keterangan penjelas, dan mendahului nomor dokumen.
References
Anggraini, D., & Nasucha, Y. (2021). ANALISIS GEJALA BAHASA PADA SURAT DINAS DI KANTOR DESA PENGKOL NGUTER SUKOHARJO [Analysis of Language Symptoms in Service Letters in The Village Office Of Pengkol Nguter Sukoharjo]. Totobuang, 9(2), 197–209. https://doi.org/10.26499/ttbng.v9i2.305
Julianus, J., Simanjuntak, H., & Seli, S. (2020). ANALISIS KESALAHAN EJAAN, DIKSI, DAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN SURAT DINAS DI KANTOR DESA KIUNG. Journal of Equatorial Education and Learning, 9(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i3.40021
Riana, R., & Hulu, L. S. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Model Cooperative Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 552–558. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.76
Syahputra, E., & Alvindi. (2022). Berlakunya Perubahan Ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).
Julianus, J., Simanjuntak, H., & Seli, S. (2020). ANALISIS KESALAHAN EJAAN, DIKSI, DAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN SURAT DINAS DI KANTOR DESA KIUNG. Journal of Equatorial Education and Learning, 9(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i3.40021
Riana, R., & Hulu, L. S. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Model Cooperative Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 552–558. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.76
Syahputra, E., & Alvindi. (2022). Berlakunya Perubahan Ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).
Downloads
Published
2023-08-01
Issue
Section
Artikel
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


