Penggunaan Teknik Skimming dalam Pembelajaran Memahami Isi Teks Cerpen pada Siswa Kelas XI SMK Pratama Mulya Karawang

Ayu Maryani* -  Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Slamet Triyadi -  Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Hendra Setiawan -  Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.5617

Penelitian ini berlandaskan pada rendahnya pemahaman peserta didik terhadap isi teks cerpen. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami isi teks cerpen. Berdasarkan hal tersebut upaya yang diberikan yaitu pembelajaran memahami isi teks cerpen dengan menggunakan teknik skimming. Upaya tersebut dapat membantu peserta didik memahami isi teks cerpen, sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mencari jawaban dari apa yang dipertanyakan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan teknik skimming dalam pembelajaran memahami isi teks cerpen pada siswa kelas XI SMK Pratama Mulya Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pratama Mulya Karawang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling, dengan memilih kelompok-kelompok individu atau cluster, yaitu kelas XI TKR (kelas eksperimen) dan XI AP (kelas kontrol).

Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami isi teks cerpen meningkat. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada saat pretest sebesar 52,12. Setelah diberikan perlakuan teknik skimming nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,31. Selain itu, hasil uji t dengan taraf signifikansi ɑ = 0,05 diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan memahami isi teks cerpen pada kelas eksperimen dengan peserta didik pada kelas kontrol.

Keywords
Teks cerpen, teknik skimming
  1. Abiyanti, E. (2017). Pengaruh keefektifan membaca cepat terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf. DIKSATRASIA, 1(2), 203-211.
  2. Fitria, A. (2019). Tingkat Kemampuan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Teknik Skimming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Negeri 76 Kota Bengkulu Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU.
  3. Handayani, D. Pengaruh Teknik Membaca Cepat Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Memahami Isi Cerpen Siswa Kelas X SMK (Studi Kasus Di SMK YMJ Ciputat) Skripsi, Jakarta: UIN Hidayatullah.
  4. Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177
  5. Hastuti, I. D., Setiawan, I., & Mariyati, Y. (2021). Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Bergambar. INTAN CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55-59.
  6. Komalasari, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Al-Zahra Indonesia Pamulang. Skripsi, Jakarta: UIN Hidayatullah.
  7. Liestari, S. P., & Muhardis. (2020). Kemampuan Literasi Membaca Siswa Indonesia (Berdasarkan Hasil UN Dan PISA). Indonesian Journal of Educational Assessmen
  8. Putra, R. I. Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Teknik Skimming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDIT Bina Insan Skripsi, Jakarta: UIN Hidayatullah.
  9. Soraya, B. (2017). Efektivitas Penerapan Metode Membaca Cepat Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah II Berua Makassar. Skripsi, Makassar: UIN Alauddin Makassar.
  10. Rahayu, E. M., & Rachbini, M. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scaffolding pada Peserta Didik SMPN 22 Surabaya Tahun Akademik 2018-2019. Jurnal PDS UNP, 1(1), 74-81.
  11. Rohayati, S., & Juandi, J. (2022). pembelajaran membaca pemahaman siswa dalam cerpen menggunakan teknik streaming. DIKSATRASIA, 6(1).
  12. Seprina, Y., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Isi Teks Bacaan Materi Cerita Rakyat Menggunakan Teknik Membaca Cepat pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari III Kota Bekasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 156-164).
  13. Susanty, F. (2019). Peningkatan kemampuan membaca dan memahami teks bahasa inggris melalui teknik skimming-scanning pada mahasiswa stit ru semester ii 2017/2018. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43-54.
  14. Aminuddin. (2015). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  15. Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  16. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  17. Suherli, dkk. (2017). Bahasa Indonesia. Depok: CV Arya Duta.
  18. Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  19. Tarigan, H G.(2013). Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  20. http://kamusbahasaindonesia.org/keterampilan/mirip.(Diakses Pada Hari Kamis tanggal 13 Desember 2018)

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-07-25
Published: 2023-02-07
Section: Artikel
Article Statistics: