Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri 3 Sragen

Kasih Sulasmi* -  Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
Istiatin Istiatin -  Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
Sudarwati Sudarwati -  Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v10i2.5043

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini yakni guna menentukan pengaruh variabel-variabel mencakup: motivasi belajar, peran orang tua, kompetensi guru, serta lingkungan sekolah pada MTs Negeri 3 Sragen baik secara bersamaan. Peneliti memakai metodologi deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni siswa MTs N 3 Sragen mencakup total 100 siswa. Teknik pengambilan sampel memakai teknik proposive sampling mencakup total 100 responden. Peneliti memakai kuesioner guna memperoleh data. Disisi lain metodologi analisis data memakai analisis statistik linier berganda uji regresi, uji F, uji T, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menerangkan bahwasanya motivasi belajar, peran orang tua, kompetensi guru, serta lingkungan sekolah semuanya memiliki pengaruh sebesar 72,4% atas prestasi belajar. Sebagai perbandingan, 27,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya, diluar  variabel yang diamati.

 

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of variables including: learning motivation, parental role, teacher competence, and the school environment at MTs Negeri 3 Sragen both simultaneously. The researcher used a quantitative descriptive methodology. The population of this research, namely students of MTs N 3 Sragen, includes a total of 100 students. The sampling technique used is proportional sampling technique which includes a total of 100 respondents. Researchers used a questionnaire to obtain data. On the other hand, the data analysis methodology uses multiple linear statistical analysis, regression test, F test, T test, and the coefficient of determination. The results of the study explain that learning motivation, the role of parents, teacher competence, and the school environment all have an influence of 72.4% on learning achievement. In comparison, 27.6% is influenced by other factors, outside of the observed variables

Keywords
Prestasi Belajar, Peran Orang Tua, Kompetensi Guru
  1. Abdul Hadis, Nurhayati. 2019. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta, Bandung.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Edisi XV: Rineka Cipta.
  3. Arsalna, Apridar, Mohd Heikal. 2020. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Sman 2 Seulimeum Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Manajemen Indonesia 5(1): 94–108.
  4. Astuti, S.P. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar.” Jurnal Formatif 5(1): 68–75.
  5. Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta Jakarta.
  6. Dicky, Fauzi Firdaus. 2020. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Kuningan.” Jurnal Syntax Idea 2(2): 12–17.
  7. Djamarah, syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta Jakarta.
  8. Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.
  9. Giawa, Murnihati, Saut Mahulae, Antonius Remigius Abi, and Patri Janson Silaban. 2020. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067245 Medan Pendahuluan.” Educatio FKIP UNMA 6(2): 327–32.
  10. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  11. Hamdayama, Jumanta. 2019. Metodologi Pengajaran. ed. Suryani. Jakarta: PT Bumi Aksara Jakarta.
  12. Hamidah Sulaiman, Sigit Purnama, Andi Holilulloh, Laily Hidayati, Nur Hasbuna Saleh. 2020. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. ed. Nur Asri. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  13. Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Bumi Aksara Jakarta.
  14. Hapsari, Diasty Widar et al. 2017. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang The Influence of Teachers ’ Competence Towards Students ’ Achievement of SMK Negeri 2 Bawang.” 4(1): 269–74.
  15. Hasbullah. 2019. Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  16. Larasati, Nurul Hardian. 2019. “Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Herodotus 1(3): 297–308.
  17. Maschuroh, Emi. 2021. “Pengaruh Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Radiant 2(1): 17–26.
  18. Muhammad Anwar H. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media Grup.
  19. Mukhtar, Afiah, and Luqman MD. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(1): 1.
  20. Murti, Siti. dan heryanto. 2020. “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP 6(3): 295–307. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921.
  21. Nisa, Ike Hilatun. 2020. “Jurnal Asy- Syukriyyah.” 21: 143–53.
  22. Nurmayuli. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru.” Al-Mabhats 5(1): 77–103.
  23. Nurpratama, Meddy, Agus Yudianto, and Universitas Wiralodra Indramayu. 2021. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Siswa Pada SMK Pariwisata YAPPMI Jatibarang Indramayu.” 6(1): 57–69.
  24. Pratiwi, Noor Komari. 2017. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang.” Pujangga 1(2): 31.
  25. Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  26. Sardiman, A.M. 2014. Interaksi& Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
  27. Slameto. 2021. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  28. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV Alfabeta, Bandung.
  29. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  30. Sukmadinata, Nana Syaodih 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  31. Sutrisno Hadi, MA. 2017. Statistik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
  32. Uno, Hamzah B. 2017. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara Jakarta.
  33. Utomo, Supri Wahyudi, Sanita Oktari Andriyani, and Liana Vivin Wihartanti. 2021. “Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Di Smkn 1 Geger.” Soedirman Economics Education Journal 3(1): 66.
  34. Uyoh Sadulloh, M.Pd. dkk. 2019. Pedagogik ( Ilmu Mendidik). Bandung: CV Alfabeta, Bandung.
  35. Wahid, Farhan Saefudin, Didik Tri Setiyoko, Slamet Bambang Riono, and Agung Aji Saputra. 2020. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia 5(8): 555.
  36. Walgito, Bimo. 2019. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-03-17
Published: 2022-06-28
Section: Artikel
Article Statistics: