Peranan Soft Skill dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

sigit widiyarto* - 

DOI : 10.24269/dpp.v5i2.464

Penelitian ini menjelaskan peranan Soft Skill dan Minat baca terhadap kemampuan Menulis Eksposisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI A  dan XI B  SMA Al-Ikhlas Kota Bekasi,sebanyak 44 siswa. Metode penelitian ini memakai analisis statistik deskriptif. Pengolahan data dengan memakai SPSS 22 . Teknik pengambilan data memakai Sampel Random Sampling . Pengumpulan data melalui wawancara, angket dan Tes.

Soft Skill dapat mempengaruhi kemampuan Menulis. Kemampuan menulis Eksposisi tergambar siswa yang mempunyai soft skill katagori baik sebesar 45.5%.19 siswa katagori cukup (43.1 %)  dan siswa katagori  kurang sebanyak 5 siswa (11.4%). Siswa  yang  mempunyai minat  baca katagori baik sebanyak  11  siswa   (25 %), 4 siswa katagori cukup (9.1 %) dan 29 siswa kategori kurang (65,9%). Pada kemampuan menulis siswa yang mempunyai kemampuan menulis katagori baik sebanyak 18 siswa (41 %) , cukup sebanyak 13 siswa (29.5 %)  dan kurang  sebanyak 13 siswa ( 29,5%).

  1. Aman Saleh Mohd, (2016) Memaksimalkan Potensi Soft skill X Factor Dalam Diri
  2. Jakarta
  3. Chen Victoria Febe ,(2013), Soft Skill for Success : Pandai Membawa Diri di Dunia Kerja,BIP .Jakarta.
  4. Klauss Peggy,(2014) Jangan Anggap Sepele Soft Skill, Jakarta. Libri
  5. Putra Sareb Masri R (2008), Menumbuhkan minat baca. Jakarta PT Indeks
  6. Pramesti Getut, (2016) Panduan Lengkap SPSS 22.Jakarta. Elekmedia Komputindo
  7. Zaman Saeful (2013),Buku Pintar Soft Skill,Jakarta PT Dwitama Asrimedia
  8. Jurnal
  9. Sutrisno dan Adjib Karjanto, (2014) Peningkatan Soft Skill dan Prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Metodologi Penelitian melalui Pembelajaran Model Learning Community. Jurnal Vol.37 No.1, 25-38
  10. Internet
  11. http:edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.
  12. di.urutan.ke-60.dunia diakses pada tanggal 26 Oktober 2016

Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-05-11
Published: 2017-07-28
Section: Artikel
Article Statistics: