Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SDN 002 Batu Ampar Kota Batam

ZAINUDIN ZAINUDIN* -  "SDN 002 Batu Ampar Kota Batam", Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v10i1.4396

Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini ialah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik para  guru SDN 002 Batu Ampar Kota Batam dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademik.  Jenis penelitian ialah penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Instrumen observasi untuk penilaian kemampuan guru berupa Instrument penilaian administrasi dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif akan di deskripsikan berupa kata atau penjelasan. Kemudian dilakukan komparasi data untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian administrasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun administrasi penilaian dalam pembelajaran di SDN 002 Batu Ampar Kota Batam sebesar 63,0%..

Keywords
academic supervision, pedagogic competence
  1. Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar – Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Banun Sri Haksasi. 2013. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada SMA Negeri 3 Semarang. Majalah Ilmiah Pawiyatan, (xx):4
  4. Dalawi, Amrazi Zakso, Usman Radiana. 2012. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang. S2 AP, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak
  5. Danim Sudarwan dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
  6. Daryanto dan Tasrial. 2011. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia Sahertian, P.A .2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Dirjen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.2012. Pedoman pelaksanaan kinerja guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Parwati Santi Desak Putu, Dantes Nyoman dan Natajaya Nyoman. 2013. Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru Matematika Sekolah Dasar Anggota KKG Gugus IV Kecamatan Sukasada.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (3)
  10. Pujiono. 2014. Laporan Pelaksanaan Supervisi Akademik. SD Kristen Satya Wacana.
  11. Sudjana Nana dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  12. Suhertian,(2000).Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  13. --------- 2009. Undang-Undang Nomor 39 tahun 2009 Tentang pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta
  14. ---------2005. Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
  15. ---------2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-11-30
Published: 2022-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: