Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SDN 002 Batu Ampar Kota Batam

Authors

  • ZAINUDIN ZAINUDIN "SDN 002 Batu Ampar Kota Batam"

DOI:

https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4396

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini ialah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik para  guru SDN 002 Batu Ampar Kota Batam dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademik.  Jenis penelitian ialah penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Instrumen observasi untuk penilaian kemampuan guru berupa Instrument penilaian administrasi dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif akan di deskripsikan berupa kata atau penjelasan. Kemudian dilakukan komparasi data untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian administrasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun administrasi penilaian dalam pembelajaran di SDN 002 Batu Ampar Kota Batam sebesar 63,0%..

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar – Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta
Banun Sri Haksasi. 2013. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada SMA Negeri 3 Semarang. Majalah Ilmiah Pawiyatan, (xx):4
Dalawi, Amrazi Zakso, Usman Radiana. 2012. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang. S2 AP, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak
Danim Sudarwan dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Daryanto dan Tasrial. 2011. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia Sahertian, P.A .2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirjen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.2012. Pedoman pelaksanaan kinerja guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Parwati Santi Desak Putu, Dantes Nyoman dan Natajaya Nyoman. 2013. Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru Matematika Sekolah Dasar Anggota KKG Gugus IV Kecamatan Sukasada.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (3)
Pujiono. 2014. Laporan Pelaksanaan Supervisi Akademik. SD Kristen Satya Wacana.
Sudjana Nana dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Suhertian,(2000).Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
--------- 2009. Undang-Undang Nomor 39 tahun 2009 Tentang pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta
---------2005. Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
---------2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Published

2022-01-31