Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SDN 004 Batu Ampar Kota Batam

Authors

  • NUR AINI "SDN 004 Batu Ampar Kota Batam"

DOI:

https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4369

Abstract

Penelitian tindakan sekolah merupakan penelitian kualitatif menggunakan Analisis Diskrptif Komparatif yaitu membandingkan hasil pada kondisi prasiklus dengan hasil siklus 1 dan 2, Supervisi akademik. Hasil supervisi prasiklus tentang kinerja guru dalam proses pembelajaran masih sangat rendah jadi perlu dilalukkan  supervisi lagi siklus 1 dan 2 dengan tindakan supervisi individual melalui pendekatan non direktif dan berkolaborasi bersama teman sejawat serta menghadirkan guru sebagai model. Hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada kondisi awal 20,00% (kategori kurang). Hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 52.00% (kategori cukup). Peningkatan hasil siklus 1 dibanding kondisi awal 20,00% Sedangkan hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus 2 sebesar 100% (kategori sangat baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus 1 sebesar 52.00% Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SDN 004 Batu AmparTahun Pelajaran 2019/2020.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Depdiknas. Depdiknas . 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
_____________. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
______________ 2007. Peraturan Mendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.
_______________. 2005. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah.2018. Pengembangan Fungsi Supervisi Akademik . Jakarta: Depdiknas
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rohadi, Ahmad dan Abu Ahmadi.1990. Teknik-Teknik Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim. 1988. Administrasi dan Supervisi Pendidikan Bandung: Remaja Rodakarya.
Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.
Sumiati dan Asra.2009.Metode Pembelajaran.Bandung:Wacana Prima.
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Walgito, Bimo.2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara

Published

2022-01-31