Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SDN 004 Batu Ampar Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4369Abstract
Penelitian tindakan sekolah merupakan penelitian kualitatif menggunakan Analisis Diskrptif Komparatif yaitu membandingkan hasil pada kondisi prasiklus dengan hasil siklus 1 dan 2, Supervisi akademik. Hasil supervisi prasiklus tentang kinerja guru dalam proses pembelajaran masih sangat rendah jadi perlu dilalukkan supervisi lagi siklus 1 dan 2 dengan tindakan supervisi individual melalui pendekatan non direktif dan berkolaborasi bersama teman sejawat serta menghadirkan guru sebagai model. Hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada kondisi awal 20,00% (kategori kurang). Hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 52.00% (kategori cukup). Peningkatan hasil siklus 1 dibanding kondisi awal 20,00% Sedangkan hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus 2 sebesar 100% (kategori sangat baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus 1 sebesar 52.00% Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SDN 004 Batu AmparTahun Pelajaran 2019/2020.
References
BSNP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Depdiknas. Depdiknas . 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
_____________. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
______________ 2007. Peraturan Mendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.
_______________. 2005. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah.2018. Pengembangan Fungsi Supervisi Akademik . Jakarta: Depdiknas
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rohadi, Ahmad dan Abu Ahmadi.1990. Teknik-Teknik Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim. 1988. Administrasi dan Supervisi Pendidikan Bandung: Remaja Rodakarya.
Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.
Sumiati dan Asra.2009.Metode Pembelajaran.Bandung:Wacana Prima.
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Walgito, Bimo.2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.