PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL GROUP FINDING PADA SISWA KELAS VI SD N III KRISAK KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015 /2016

Sri Sudarni* -  SDN III Krisak, Selogiri, Wonogiri

DOI : 10.24269/dpp.v5i1.320

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivsi dan hasil belajar tentang  materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia melalui penggunaan model Group Finding siswa kelas VI SD N III Krisak Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VI SD N III Krisak Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Finding yang dilaksanakan oleh guru menunjukkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar tentang  tentang materi perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia pada siswa kelas VI SD N III Krisak Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu prosentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I yang semula hanya terdapat 12 siswa yang tuntas atau 57%, lalu pada siklus II meningkat menjadi siswa 18 yang tuntas atau 87% dari jumlah keseluruhan 21 siswa, sehingga prosentase ketuntasan meningkat sebesar 30%.

 

Kata Kunci : Model Group Finding, Motivasi dan Hasil Belajar

Keywords
Model Group Finding; Motivasi; Hasil Belajar
Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-01-25
Published: 2017-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: