EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL SEBAYA DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
DOI : 10.24269/dpp.v7i1.1530
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitas antara penerapan model pembelajaran tutorial sebaya dan jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Suhu dan Kalor.Desain penelitian ini mengunakan desain true experimental dengan teknik anakova dengan dua kovariat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Balong Ponorogo tahun pelajaran 2016-2017.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran fisika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Tutorial Sebaya dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw, hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Tuorial Sebaya lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw yang ditunjukkan dengan nilai t sebesar 3,475 dengan nilai signifikansinya 0,01 < 0,05. (2) Terdapat ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran fisika ditinjau dari motivasi belajar siswa dan kecerdasan emosional siswa yang ditunjukkan dengan nilai F= 13,049 dan nilai signifikansinya 0,01 < 0,05.
Keywords
tutorial sebaya; jigsaw; motivasi; kecerdasan emosional; hasil belajar
- Djamarah, Syaiful. Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hikmah,Wasiqotul. 2006, Makalah Seminar Inovasi Pembelajaran Matematika dan IPA di SMA Se- Jawa Timur. Surabaya: Universitas Surabaya.
- Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.
- Permendiknas no. 16 . 2007. Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
- Slavin, R.F, 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media.
- Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.