PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI PADA MATERI GEOMETRI

Dwi Avita Nurhidayah* -  01065821460, Egypt

DOI : 10.24269/dpp.v2i2.151

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi geometri. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti mengadakan penelitian mulaibulan april sampai bulan mei 2013 siswa kelas X-2 yang berjumlah 30 siswa SMA Muhammadiyah 1Ponorogo tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasiaktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada tiap siklusnya,
masing-masing pertemuan selama 2 x 45 menit. Hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipegroup investigation menunjukkan bahwa model ini dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materibangun ruang dimensi tiga. Peningkatan ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1
adalah 67,25 %. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata aktivitas siswa adalah 85,31%. Berdasarkananalisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dengan pembelajaran kooperatif tipegroup investigation.

Keywords
Pembelajaran kooperatif, group investigation, aktivitas siswa
Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-06-23
Published: 2016-06-24
Section: Artikel
Article Statistics: