BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PONOROGO TAHUN ANGGARAN 2013 DALAM MEMENUHI STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.141Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pemanfaatan dana BOS sekolah dasar di Kecamatan Ponorogo Tahun Anggaran 2013 dalam memenuhi standar pelayanan pendidikan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik kajian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah dasar di Kecamatan Kota Kabupaten Ponorogo Tahun Anggaran 2013 belum sepenuhnya memenuhi standar pelayananminimal pendidikan. Capaian standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan di Kecamatan Ponorogo yang belum memenuhi SPM antara lain penyediaan buku teks, pemenuhan jam kerja, penerapan KTSP terutama guru yang melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP pengembangan dan penerapan program penilaian terutama guru yang melaksanakan penilaian sesuai dengan rancangan dan menggunakan nilai untuk peningkatan belajar, dan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.