PEMANFAATAN SOLVER EXCEL UNTUK OPTIMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.137Abstract Penyusunan jadwal pelajaran merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan sekolah untuk tertibnya kegiatan pembelajaran yang kondusif. Kegiatan pembelajaran yang baik memenuhi berbagai aspek pertimbangan yaitu kurikulum yang berlaku, karakteristik mata pelajaran terhadap kondisi belajar siswa, dan kesanggupan guru mengajar disekolah yang bersangkutan akibat tuntutan 24 jam. Permasalahan penjadwalan tersebut dapat dikonstruksi sebagai model program linier dan pengoptimalan menggunakan metode Integer Programming. Metode ini merupakan salah satu metode optimasi masalah program linier yang memberikan hasil variabel keputusan berupa bilangan bulat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan proses penjadwalan berbasis komputer menggunakan metode Integer Programming diimplementasikan untuk menyusun jadwal pelajaran SMP N 5 Sawoo Ponorogo berdasarkan perencanaan pelaksanaan pembelajaran tahun ajaran 2014-2015. Penyelesaiaan hasil optimasi dalam penelitian ini menggunakan Solver Excel sebagai fitur tambahan dari Microsoft Excel yang dikenal lebih familiar dikalangan sekolah.
Downloads
Published
2016-05-05
Issue
Section
Artikel
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.