Pemberdayaan Peningkatan Kualitas Produk Masyarakatdan UMKM melalui Pelatihan Pendaftaran Produk Layak Jual sesuai Standar Pemerintah bagi UMKM

Ahmad Yani Kosali* -  Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara Palembang, Indonesia
Mietha Nella -  Sekolah Tinggi Ilmu Administrsi Satya Negara Palembang, Indonesia
Dita Marisa Putri -  Sekolah Tinggi Ilmu Administrsi Satya Negara Palembang, Indonesia
Marina Malian -  Sekolah Tinggi Ilmu Administrsi Satya Negara Palembang, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v3i1.6759

Semakin tingginya kebutuhan konsumen akan pangan membuat pelaku usaha, terutama dibidang kuliner mempunyai peranan penting dalam hal penyediaan produk.Para pelaku UMKM berlomba-lomba memiliki keunggulan agar dapat memenangkan pasar. Persaingan UMKM produk makanan semakin ketat akibat banyak bermunculan beragam jenis produk pangan moderrn. Para pegiat UKM harus memikirkan cara agar produknya dapat diterima pasar dan dapat bersaing dengan produk pabrikan, serta keamanan pangan yang terjamin. Salah satu cara agar Produk pangan yang diproduksi oleh UKM agar dapat bersaing yaitu dengan mendaftarkannya ke perizinan PIRT supaya mendapatkan sertifikat layak konsumsi. Apabila tidak dilakukan, maka produk-produk pangan UKM tersebut dapat tergeser posisinya dan menyebabkan kerugian.

  1. Disnakerperinkopukm. (2020). Pelaku UMKM Kuliner Ikuti Pelatihan Produksi. https://disnakerperinkopukm.kuduskab.go.id/?s=umkm
  2. Gumilang, R. A. (2021). Analisis Minat dan Hambatan UMKM di Sekitar Pasar Tradisional Kabupaten Bandung dalam Menggunakan Online Delivery Service. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. 12, 948-952.
  3. Prasetyaningsih, I., Murtini, U., & Hediono, B. P. (2020). Penguatan Organisasi Dan Proses Pengurusan P-Irt Kelompok Usaha Salak Desa Girikerto Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia,2(2), 49–54.
  4. Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). Strategi Pengembangan UMKM Halal Di Jawa Tengah Dalam Menghadapi Persaingan Global. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1-9
  5. Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). 633–642

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-17
Published: 2023-03-30
Section: Articles
Article Statistics: