Video Edukasi Akad IMBT ‘bil Hibah untuk Calon Nasabah Laboratorium Mini Bank

Amrul Hinung Prihamayu* -  IAIN Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v3i1.6731

Akad Ijarah Muntahiyyah Bittamlik (IMBT) ‘bil Hibah adalah salah satu akad yang digunakan mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo pada mata kuliah Praktik Mikro Bank Syariah, pada mata kuliah tersebut mahasiswa praktik, berperan sebagai account officer atau perpanjangan tangan dari Laboratorium Mini Bank untuk mencari nasabah yang membutuhkan pembiayaan menggunakan akad IMBT ‘bil Hibah. Pada semester-semester sebelumnya penjelasan akad kepada calon nasabah adalah secara langsung menggunakan lisan, beberapa mahasiswa menyebutkan bahwa penyampaian secara lisan terkadang membuat calon nasabah susah memahami penjelasan yang diberikan. Sehingga diperlukan media pembantu supaya memudahkan dalam proses penyampaian akad kepada calon nasabah. Video edukasi akad IMBT ‘bil Hibah dibuat menggunakan aplikasi berbasis website Animaker. Video edukasi tersebut digunakan kelompok mahasiswa yang bertemu langsung dengan calon nasabah menggunakan media YouTube pada periode waktu 6-11 Februari 2023. Dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan oleh calon nasabah yang sudah menonton video edukasi, bisa diambil kesimpulan bahwa video edukasi mampu mengoptimalkan pemahaman masyarakat awam terkait pembiayaan berbasis syariah yaitu akad IMBT ‘bil Hibah.

  1. Animaker Media Pembelajaran Berbasis Web | kumparan.com. (n.d.). Retrieved February 11, 2023, from https://kumparan.com/tyas-amanda-1607042379298347251/animaker-media-pembelajaran-berbasis-web-1y8WWo5ZEvt/1
  2. Fatwa Dewan Syariah Nasional Tentang AL-IJARAH AL-MUNTAHIYAH BI AL-TAMLIK, Pub. L. No. Nomor: 27/DSN-MUI/III/2002 (2002).
  3. Frederick, S. I., Silalahi, I. L., Sinaga, D. S. J., Putra, A. Y. R. M., & Xaveri, M. F. I. (2022). Pembuatan Video Edukasi Bijak Bermedia Sosial Bagi Masyarakat Desa Jagasatru Kabupaten Cirebon. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 372–378.
  4. Husna, H. N., Aprillia, A. Y., Wulandari, W. T., Wardhani, G. A., Zustika, D. S., Zain, D. N., & others. (2022). PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA EDUKASI KESEHATAN MATA DI MEDIA SOSIAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 636–642.
  5. Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332.
  6. Nurvita, S., & Chotimah, S. N. (2022). Video Edukasi Upaya Masyarakat Dalam Menghadapi Transisi Endemi Covid-19. Jurnal Pengabdi, 5(2).
  7. Tri Cahyani, Y., & Amila. (2021). ‪Praktik Mikro Bank Syariah‬ (L. Santoso, Ed.). Arti Bumi Intaran. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=5Gi32aYAAAAJ&citation_for_view=5Gi32aYAAAAJ:YsMSGLbcyi4C‬

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-02-11
Published: 2023-03-30
Section: Articles
Article Statistics: