Pelatihan Pembuatan Tas Anyaman Jali Jali bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Sidomukti Sebagai Sarana Peningkatan Ekonomi Keluarga ditengah Wabah Covid-19 diDesa Sisomukti Kecamatan Plaosan

Nurul Hidayah* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Nur Sayidatul Muntiah -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Titis Purwaningrum -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jteb.v3i1.6370

Kegiatan pengabdian ini dilakukan didesa sidomukti dimana rata rata masyarakat terutama ibu rumah tangga yang juga sebagai kader PKK. Ibu rumah tangga disini mempunyai kegiatan yaitu membuat anyaman bahan dasar dari bambu, dimana saat ini mengalami kesulitan bahan baku dan murahnya harga jual anyaman tsb. Kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan tas anyaman berbahan dasar plastic. Model pelatihan ini dibuat kelompok dimana per kelompok terdiri dari 5 orang yang didampiangi satu mentor yang berasal dari pengrajin tas jali jali. Kegiatan ini diikuti 20 orang kader PKK. Waktu yang dibutuhkan adalah 3 jam dimana 30 menit pertama berupa sambutan dari ketua PKK dan ketua pengabdian, menit berikutnya langsung praktek membuat anyaman dimana terdapat beberapa tahapan. Hasil dari kegiatan ini yaitu ada 5 peserta yang bisa menyelesaikan tas, 10 peserta yang lain mampu menyelesaikan namun belum sampai finishing dan 5 peserta belum mampu menyelesaikan tahap akhir. Antusias peserta sangat bagus dari kegiatan ini, para peserta sangat berharap ada kegiatan lanjutan. Kesimpulan dari kegiatan ini diharapkan peserta mampu menambah ekonomi keluarga dengan memiliki kemampuan menghasilkan produk anyaman berupa tas.

  1. Badan Pusat Statistis Kabupaten Magetan. 2021.
  2. https://magetankab.bps.go.id/statictable/2021/02/16/739/banyaknya-kerajinan- rakyat-formal-dan-nonformal-menurut-jenis-unit-usaha-dan-tenaga-kerja-2016.html.
  3. Utami, Erna Fitria. 2021. Respon Masyarakat Lokal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 : Studi Masyarakat Pengrajin Bambu Di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-21
Published: 2023-03-30
Section: Articles
Article Statistics: