Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Keruak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Penulis

  • Dila Nurmaizura Universitas Mataram
  • Lalu Sumardi Universitas Mataram
  • Edy Kurniawansyah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12471

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII-A SMPN 1 Keruak pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 tahapan yaitu 1 perencanaan, 2 pelaksanaan, 3 pengamatan dan 4 refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 8A yang berjumlah 30 siswa di SMPN 1 Keruak tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai apabila keaktifan belajar siswa meningkat pada kategori aktif dengan jumlah siswa yang mencapai keaktifan belajar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas 8A di SMPN 1 Keruak setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments, baik pada siklus I maupun siklus 2. Pada siklus 1 tingkat keaktifan belajar siswa berada pada kategori kurang aktif atau dikatakan siswa belum mampu mencapai indikator keberhasilan dengan persentase 50. Selanjutnya terdapat peningkatan dari siklus sebelumnya. Pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa sudah mencapai 83,33 atau dikatakan siswa berada pada kategori aktif dengan bukti mampu mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

Nurmaizura, D., Sumardi, L., & Kurniawansyah, E. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Keruak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 10(2), 179–187. https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12471

Terbitan

Bagian

Artikel