Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan se-Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen

Fernanda Dhea* -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Bambang Sumardjoko -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp144-153

Motivasi memainkan peran vital dalam kegiatan belajar. Rendahnya motivasi menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keterlibatan orang tua dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi akademik pada kelas Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini berjenis korelasional dan dilakukan di beberapa SMK di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. Populasi terdiri dari 2.534 peserta didik dari lima sekolah, dengan sampel sebanyak 244 peserta didik. Informasi prestasi belajar PPKn diperoleh melalui dokumentasi, sedangkan informasi motivasi belajar dan perhatian orang tua diperoleh melalui angket. Uji t dan uji F digunakan dalam analisis data untuk mengidentifikasi pengaruh parsial dan simultan. Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat dan baik antara prestasi belajar PPKn, fokus orang tua, dan motivasi belajar. Perhatian orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap kisaran ketuntasan belajar PPKn, sedangkan faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini memberikan kontribusi sebesar 77% terhadap variasi tersebut. Penelitian ini menyarankan untuk melihat variabel tambahan yang mempengaruhi prestasi belajar PKn secara lebih rinci.
Keywords
Motivasi Belajar; Perhatian Orang Tua; Prestasi Belajar PPKn.
  1. Achadah, A. (2019). Evaluasi Dalam Pendidikan Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97–114. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i1.296
  2. Amir Pada. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik SD 12 Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Global Journal Basic Education, 1, 145–153.
  3. Amirpada. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal JIKAP Prodi PGSD FIP UNM, 5.
  4. Andri, Zul Zagir, O. J. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeru 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017. 3, 1–14.
  5. Anisatun Nur Laili. (2020). Konsep Pendidikan Informal Perspektif Ibnu Sahnun (Telaah Kitab Adab Al-Muallimin). Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 31–47. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1133
  6. Arikunto, S. (2010a). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
  7. Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
  8. Arsyad, A. (2002). Undang - undang RI tentang perlindungan anak. Arsyad, Azhar, 190211614895, 2002.
  9. Aryanti, Y. D., & Mushin. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243–260. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37169
  10. Aziz, A. A., Yusof, K. M., & Yatim, J. M. (2012). Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students’ Perspectives. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56(22), 22–30. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.628
  11. Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Peserta didik. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131
  12. Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246
  13. Fathurrohman, M. T. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas V. Jurnal Basic Education, 6(10), 975–982.
  14. Fatimah, N., & Hanifah, N. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 16(1), 61–69. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/herodotus/article/view/5898%0Ahttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/herodotus/article/download/5898/3074
  15. Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip, 2(1), 144–161.
  16. Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan peserta didik dalam mewujudkan prestasi belajar peserta didik. Khazanah Akademia, 02(01), 74–84.
  17. Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Al Gesindo. In Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algesindo.
  18. Hamzah B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Askara.
  19. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
  20. Hutasuhut, R. I. T. S. (2018). 2331-3861-1-Pb. 1(2), 112–124.
  21. Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahaun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  22. Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384.
  23. Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–130. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/7307
  24. M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Rineka Cipta.
  25. Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435
  26. Maria, Y., & Marbun, R. (2021). PESERTA DIDIK SMP. V(2).
  27. Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.
  28. Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo.
  29. Prananda, G., & H. (2019). Korelasi Antara Motivasi belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling, 3(3), 909–915.
  30. Priyono, M. A., & Yushita, A. N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta didik Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17219
  31. Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 171–180. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.95
  32. Rarasanti, I. G. A., Sarjana, K., Prayitno, S., & Sripatmi, S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPK. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 275–284. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.67
  33. Rifa’i, A. dan C. T. A. (2012). Psikologi Pendidikan. Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES 20012.
  34. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
  35. Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
  36. Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta didik. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
  37. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
  38. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta.
  39. Sumadi Suryabrata. (2008a). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
  40. Sumadi Suryabrata. (2008b). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
  41. Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial. In Prenada Media Group (Vol. 12). PT Rineka Cipta.
  42. Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum (Kelima). In CV. Andi Offset. Andi Offset.
  43. Wijoyol, A. P., & Suendarti, M. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Sosiologi. 4, 130–141.
  44. Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-05-25
Published: 2024-07-29
Section: Artikel
Article Statistics: