Pengembangan E-Book Berbasis Bookcreator Materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI : 10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp129-135
Perkembangan teknologi membawa perubahan yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan. Salah satu inovasi yang muncul yaitu dengan penggunaan e-book sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis BookCreator pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas V sekolah dasar. Melalui e-book ini siswa diajak untuk memahami makna dari setiap sila dalam Pancasila dan menerapkan pemahamannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan). Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Data dikumpulkan dengan memberikan angket kepada guru kelas V untuk memvalidasi media, materi, dan keefektifan produk. Peneliti juga mengumpulkan hasil respon guru dan siswa berkaitan dengan produk yang diimplementasikan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan dengan hasil validasi media rata-rata persentase sebesar 90%, validasi ahli materi rata-rata persentase sebesar 85,6%, hasil respon guru sebesar 91,75%, hasil respon siswa sebesar 91%, dan tes hasil belajar sebesar 83%. Hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan e-book berbasis BookCreator pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di siswa kelas V sekolah dasar dapat dijadikan solusi dan layak dilaksanakan dalam pembelajaran. Penggunaan e-book ini efektif karena menggunakan tambahan gambar, video yang sangat membantu siswa untuk memahami penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menarik perhatian siswa untuk lebih fokus pada materi yang diajarkan. Temuan ini menunjukkan bahwa e-book berbasis BookCreator dapat menjadi solusi interaktif dan inovatif dalam mengenalkan dan memberi pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
E-book; BookCreator; Nilai-nilai Pancasila; Pancasila Values
- Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327
- Akbar, A. (2021). PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
- Andini, G. T. (2019). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008
- Anita, Y., Waldi, A., Akmal, A. U., Kenedi, A. K., Hamimah, H., Arwin, A., & Masniladevi, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Social and Emotional Learning untuk Meningkatkan Nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3280
- Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1).
- Fadli, R., Sartono, N., & Suryanda, A. (2017). PENGEMBANGAN KAMUS BERBASIS SISTEM OPERASI TELEPON PINTAR PADA MATERI BIOLOGI SMA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21171
- Jamaluddin, J. (2020). Guru Sebagai Profesi. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.119
- Junia, I., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. Articles, 11(pendidikan).
- Makdis, N. (2020). Penggunaan e-book pad era digital. Al-Maktabah, 19.
- Mulyatiningsih, E. (n.d.). Pengembangan Model Pembelajaran. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/draendangmulyatiningsihmpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf
- Nieveen, N., McKenney, S., & van den Akker, J. (2006). Educational design research: The value of variety. In Educational Design Research. https://doi.org/10.4324/9780203088364-21
- Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., Abdillah, A., Sari, N., & Sirajuddin, S. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1792
- Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253
- Purwadhi, P. (2019). Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad XXI. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22201
- Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4).
- Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
- Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1). https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57
- Sukmawati, E., ST, S., Keb, M., Fitriadi, H., Pradana, Y., & ... (2022). Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi, 6(2).
- Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3). https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26
- Wiyono, K., & Zakiyah, S. (2019). Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4 . 0 Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika, 1(1).
Copyright (c) 2024 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.