Implementasi Strategi Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24269/jpk.v9i2.9037Abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implemetasi strategi pendidikan multicultural di SDI NU Pare yang menggunakan pendekatan kearifan local dalam prosesnya. Melalui penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural diharapkan siswa atau peserta didik mampu mengoptimalkan pola pikir dan pengetahuannya pada nila-nilai karakter berbasis multikultural serta akhlak sehingga terwujud dalam perilaku Multikulturalisme di dalam masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara rinci dan mendalam objek yang sedang dibahas. Hasil penelitian menunujukkan implemetasi pendidikan multicultural berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. Diantara strategi implementasinya membangun dan menanamkan sikap gotong royong, toleransi, Bersatu dalam keragaman dan saling menghormati serta tenggang rasa, dan membangun komunikasi lintas budaya. Selain strategi itu, SDI NU Pare menggunakan strategi komunikasi Bahasa local atau Bahasa jawa pada saat di sekolah di hari-hari tertentu. Tujuannya untuk mengenalkan budaya local setempat serta melestarikannya melalui komunikasi formal. Implementasi pendidikan multicultural dari hasil penelitian diharapkan dilakukan oleh lembaga pendidikan lain serta dikembangkan lebih lanjut agar nilai karakter berbasis multicultural dapat tertanam dengan baik pada peserta didik.
References
Aeni, K., & Astuti, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 178–186. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4479
Anida, A. (2020). Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural siswa di SD My Little Island Kota Malang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. 2.
Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593
Dike, D. (2017). Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar di Wilayah 3T. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 12. https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.681
Hutagalung, R., & Ramadan, Z. H. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Multikultural di Lingkungan Keluarga Siswa sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4991. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2895
Izza, I. (2019). Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 17–37. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.63
Kartini, D., & Dewi, D. (n.d.). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar.
Khoirunnisa, S. K. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Berorientasi Multikultural. Jurnal Eduscience, 9(1), 255–266. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2624
Mahardhika, J. D. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu [PhD Thesis]. IAIN Bengkulu.
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2008). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D., Cahyono, C., Sukarliana, L., & Munggaran, E. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Berkembangnya Paham Radikalisme Di Kalangan Peserta Didik. Civic Edu : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/civicedu.v4i1.4273
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461
Nurhasanah, N., & Suastika, I. N. (2022). Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(2), 53–57.
Pratama, I., Daniati, E., & Indriati, R. (2018). Sistem Informasi SDI NU Pare Berbasis Web.
Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5677–5692.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rahmawati, R. (2017). Integrasi Nilai Dalam Pembelajaran Berbasis Multikultural Di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 31. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.786
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 3(1), 29. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Salis Husniatin & Asrul Anan. (2019). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (SD) Negeri Durensewu I. Multicultural Islamic Education, 3(1), 12–26. https://doi.org/10.35891/ims.v3i1.1741
Susiloningsih, W. (2020). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar “Kajian Analitis Dalam Prespektif Filsafat.†Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4488
Sutjipto, S. (2017). Implementasi kurikulum multikultural di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–21.
Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455
Turmudi, I. (2022). Analisis Kecenderungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Islam Nahdlatul Ulama Pare Dalam Perspektif Teori Gaya Kepemimpinan Tiga Dimensi Wiliam James Reddin. IAI Tribakti Prosiding Dan Seminar Nasional, 1(1), 199–212.
Wisudayanti, K. A. (2021). Kesiapan Menghadapi Perubahan Pada Guru Sekolah Dasar Terhadap Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Anida, A. (2020). Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural siswa di SD My Little Island Kota Malang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. 2.
Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593
Dike, D. (2017). Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar di Wilayah 3T. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 12. https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.681
Hutagalung, R., & Ramadan, Z. H. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Multikultural di Lingkungan Keluarga Siswa sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4991. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2895
Izza, I. (2019). Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 17–37. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.63
Kartini, D., & Dewi, D. (n.d.). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar.
Khoirunnisa, S. K. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Berorientasi Multikultural. Jurnal Eduscience, 9(1), 255–266. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2624
Mahardhika, J. D. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu [PhD Thesis]. IAIN Bengkulu.
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2008). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D., Cahyono, C., Sukarliana, L., & Munggaran, E. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Berkembangnya Paham Radikalisme Di Kalangan Peserta Didik. Civic Edu : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/civicedu.v4i1.4273
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461
Nurhasanah, N., & Suastika, I. N. (2022). Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(2), 53–57.
Pratama, I., Daniati, E., & Indriati, R. (2018). Sistem Informasi SDI NU Pare Berbasis Web.
Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5677–5692.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rahmawati, R. (2017). Integrasi Nilai Dalam Pembelajaran Berbasis Multikultural Di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 31. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.786
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 3(1), 29. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Salis Husniatin & Asrul Anan. (2019). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (SD) Negeri Durensewu I. Multicultural Islamic Education, 3(1), 12–26. https://doi.org/10.35891/ims.v3i1.1741
Susiloningsih, W. (2020). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar “Kajian Analitis Dalam Prespektif Filsafat.†Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4488
Sutjipto, S. (2017). Implementasi kurikulum multikultural di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–21.
Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455
Turmudi, I. (2022). Analisis Kecenderungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Islam Nahdlatul Ulama Pare Dalam Perspektif Teori Gaya Kepemimpinan Tiga Dimensi Wiliam James Reddin. IAI Tribakti Prosiding Dan Seminar Nasional, 1(1), 199–212.
Wisudayanti, K. A. (2021). Kesiapan Menghadapi Perubahan Pada Guru Sekolah Dasar Terhadap Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Downloads
Published
2024-07-29
How to Cite
Ridwanulloh, M. U., Huda, R. P. R., Maslahah, H. M., & Surur, A. M. (2024). Implementasi Strategi Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 93–102. https://doi.org/10.24269/jpk.v9i2.9037
Issue
Section
Artikel
License
Copyright (c) 2024 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.