Internalisasi nilai-nilai Pancasila di Sanggar Belajar Sentul Malaysia

Ambiro Puji Asmaroini* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Marisa Trisofirin -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Shohenuddin Shohenuddin -  Staff KBRI Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia, Malaysia
Tujuan dari penelitian ini untuk memahami internalisasi nilai-nilai Pancasila di Sanggar Belajar Sentul Malaysia. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif mendeskripsikan dan menginterpretasikan fenomena sosial atau memahami pengalaman dan pandangan subyek alamiah yang diteliti. Subyek penelitian ini adalah tiga pendidik di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya Malaysia merupakan salah satu tempat bagi para pekerja migran Indonesia, yang kehadirannya menjadikan mereka menetap di Malaysia menikah secara agama sehingga tidak memiliki dokumen yang lengkap yang berpengaruh terhadap Pendidikan anak-anak pekerja migran. Sanggar Belajar Sentul merupakan salah satu tempat anak pekerja migran memperoleh hak Pendidikan termasuk dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila. Internalisasi nilai-nilai Pancasila tersebut meliputi nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan dalam kegiatan pembelajaran, pembiasaan dan keteladanan di SB Sentul Malaysia.
Keywords
Nilai nilai Pancasila, Sanggar belajar
  1. Afandi. (2022). Penuhi Kebutuhan Pendidikan Anak Pekerja Migran, PCIM Malaysia Kembali Dirikan Sanggar Belajar . Https://Muhammadiyah.or.Id/Penuhi-Kebutuhan-Pendidikan-Anak-Pekerja-Migran-Pcim-Malaysia-Kembali-Dirikan-Sanggar-Belajar/ .
  2. Asmaroini, A. P. (2015). Pengembangan Paket Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Model Degeng untuk Siswa Kelas VIII diSMP Negeri 5 Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i2.84
  3. Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globalisasi . CITIZENSHIP: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440–450. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077
  4. Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/v2.n1.2017.59-72
  5. Asosiasi LPTK Perguruan Tinggi Muhammadiyah. (2022, July 26). KKN & Pengabdian Kemitraan Internasional PTMA: Pelopor Pendidikan SB SIKL Malaysia (Angkatan 1). Https://Alptkptm.Org/Kkn-Pengabdian-Kemitraan-Internasional-Ptma-Pelopor-Pendidikan-Sb-Sikl-Malaysia/.
  6. Badan Pusat Statistik. (2023). Dimensi Mata Pencaharian Penduduk Indonesia Berdasarkan Lapangan Pekerjaan. Badan Pusat Statistik.
  7. Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. (2021, May 19). Permainan Betawi. Https://Dinaskebudayaan.Jakarta.Go.Id/Disbuddki/News/05/2021/Permainan-Lompat-Tali-Karet-Melatih-Ketangkasan-Dan-Membuat-Tubuh-Anak-Jadi-Cekatan#:~:Text=Permainan%20lompat%20tali%20karet%20atau,Ada%20beberapa%20yang%20ikut%20bermain.
  8. Faisal, H. N. (2014). Pengaruh Latar Belakang Petani beralih Profesi Mata Pencaharian menjadi Buruh Migran (TKI/TKW). Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo, 1(2), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.36563/bonorowo.v1i2.22
  9. Firdaus, B., & Anwar, R. (2020, May 2). Memaknai nilai kemanusiaan dalam sila kedua. Https://Binus.Ac.Id/Character-Building/Pancasila/Memaknai-Nilai-Kemanusiaan-Dalam-Sila-Kedua/.
  10. Firliana, H., & Tando, C. E. (2022). The Role Of Immigration In Supervision Of Indonesian Migrant Workers. Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian. Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian, 5(1), 69–77. https://doi.org/https://doi.org/10.52617/JIKK.V5I1.319
  11. Hanafi. (2018). HAKEKAT NILAI PERSATUAN DALAM KONTEKS INDONESIA (Sebuah Tinjauan Kontekstual Positif Sila Ketiga Pancasila). JIPPK Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , 3(1), 56–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um019v3i12018p056
  12. Kemenko PMK. (2021, June 1). Internalisasi Pancasila Lewat Pembiasaan. Https://Www.Kemenkopmk.Go.Id/Internalisasi-Pancasila-Lewat-Pembiasaan.
  13. Mahardhani, A. J., Sutrisno, Rusdiani, N. I., Cahyono, H., Asmaroini, A. P., Kristiana, D., & Ayuningtyas, E. D. P. (2023). Pembelajaran Lintas Budaya Melalui Aktivitas Mengajar pada Sanggar Bimbingan Non Formal di Malaysia . Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.956
  14. Mujahidah, I., & Dewi, D. A. (2022). Internalisasi Nilai Pancasila terhadap Generasi Muda sebagai Wujud Mempertahankan Budaya Bangsa. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 431–437. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54773
  15. Musli, M., Yusra, D. A., & Yumasdaleni, Y. (2022). Pekerja Migran Malaysia Asal Kerinci Jambi dan Pendidikan Anak-Anak Mereka. Jurnal Kependudukan Indonesia, 17(2), 179–192. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/JKI.V17I2.712
  16. Novrizaldi. (2023, January 24). Pemerintah Komitmen Cegah PMI Non Prosedural Berangkat Ke Luar Negeri . Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan. Https://Www.Kemenkopmk.Go.Id/Pemerintah-Komitmen-Cegahpmi-Non-Prosedural-Berangkat-Ke-Luar-Negeri.
  17. Nurlitasari, A., Mahardhani, A. J., Harmanto, B., Rahmani, D. D., & Cahyono, H. (2023). The Principal’s Strategy in Forming an Attitude of Love For the Motherland in Immigrant Students in Malaysia (Case Study at Kampung Baru Guidance Center). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 381–390. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V15I1.2413
  18. Purnama, F., & Ananda, A. (2020). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Generasi Muda Karang Taruna Balai Tongah Koto . Jurnal Pembangunan Dan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi , 8(2), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38775
  19. Rismayanti, & Nusarastriya, Y. H. (2020). Upacara Adat Pemakaman Mengenang Leluhur (Ma’Nene) Di Toraja, Lembang Bulalangkan Kecamatan Rinding Allo Toraja. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(2), 118–132. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.30410
  20. Rizaty, M. A. (2023, February 27). Pekerja Migran Indonesia Paling Banyak di Malaysia pada 2022. Https://Dataindonesia.Id/Tenaga-Kerja/Detail/Pekerja-Migran-Indonesia-Paling-Banyak-Di-Malaysia-Pada-2022.
  21. Sanggar Bimbingan Sentul. (2020, December 20). Profil Sanggar Bimbingan Sentul . Https://Sanggarbimbingansentul.Blogspot.Com/2022/12/Profil-Sanggar-Bimbingan-Sentul.Html?M=1.
  22. Setiawan, A. (2020). Implementation of Immigration Function for Protection of Indonesian Migrant Workers. Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian, 3(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.52617/JIKK.V3I1.109
  23. Suaila, A., & Krisnan, J. (2019). Menggali Kembali Peran Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara dalam Pembangunan Hukum Nasional di Era Global. Law and Justice, 4(1), 46–55. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/laj.v4i1.8066
  24. Suhartono, S. (2019). Implementasi Nilai Musyawarah pada Pancasila melalui Metode Diskusi Kelas dalam Pembelajaran PPKn Kelas IX di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3), 263–269. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i3.4487
  25. Suryana, Y., & Rusdiana, A. (2015). Pendidikan Multikultural “Satu Penguatan Jati Diri Bnagsa.” CV. Pustaka Setia.
  26. Wirya, D. Y. (2019, November 24). KBRI Kuala Lumpur: Workshop Pengembangan Bahan Ajar untuk Sanggar Bimbingan di Malaysia. Https://Www.Kompasiana.Com/Inspiringteacher/5dda1c91d541df409c746652/Kbri-Kuala-Lumpur-Workshop-Penyusunan-Bahan-Ajar-Untuk-Sanggar-Bimbingan-Di-Malaysia.
  27. Wulandari, T. (2021, July 14). 15 Contoh Penerapan Sila Kedua dalam Kehidupan Sehari-hari, Kamu Sudah Belum? . Https://Www.Detik.Com/Edu/Detikpedia/d-5642987/15-Contoh-Penerapan-Sila-Kedua-Dalam-Kehidupan-Sehari-Hari-Kamu-Sudah-Belum.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-07-13
Published: 2023-07-31
Section: Artikel
Article Statistics: