Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Kota Jambi

Izzatul Jannah* -  Universitas Jambi, Indonesia
Irzal Anderson -  Universitas Jambi, Indonesia
Alif Aditya Candra -  Universitas Jambi, Indonesia
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di MTs Muhammadiyah Kota Jambi terdapat sebuah permasalahan yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Dikarenakan guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovasi, dan guru belum pernah menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jurisprudential inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Digunakan pendekatan kuantitatif desain penelitian quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Objek penelitian MTs Muhammadiyah Kota Jambi, populasi siswa kelas VIII dengan 32 siswa. Diperoleh data menggunakan soal tes, hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry memiliki pengaruh yang signifikan, dimana diperoleh sig.(2-tailed) 0,034>0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran jurisprudential inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Maka, sebaiknya dalam proses pembelajaran pendidik menyampaikan materi pelajaran menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry, dilakukan agar kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran mengalami perubahan yang positif.
Keywords
Learning Model; Jurisprudential Inquiry; Critical Thinking
  1. Alfu, S. I. Hamid. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Jurisprudential Inquiry Terhadap civic Participation Siswa Kelas V SD. Antologi UPI, 5(1), 14.
  2. Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Badriyah, L., Warsono, W., & Haidar, A. (2020). Learning Model Jurisprudential Inquiry to Improve Critical Thinking of MTs N 1 Situbondo Students. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 115–120. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.2064
  4. Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37–48. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2018/11-2/3
  5. Choirunnisa, T. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran PPKn Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video. 11(05), 567–581.
  6. Endaryati, S. A., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (2023). Problem-Based Learning Flipbook E-Module in Improving Students ’ Critical Thinking Skills in " Always Save Energy " Thematic Learning. International Journal of Elementary Education, 7(1), 115–123.
  7. Erikson, M. G., & Erikson, M. (2019). Learning outcomes and critical thinking–good intentions in conflict. Studies in Higher Education, 44(12), 2293–2303. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1486813
  8. Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Semarang: Yoga Pratama.
  9. Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145.
  10. Hasyda, S. (2021). Implementasi JIM (Juris Prudential Inquiri Model) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era New Normal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4152–4159. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1524
  11. Hendrizal. (2017). Urgensi model pembelajaran jurisprudential inquiry dalam keberagaman Bangsa Indonesia. Jurnal PPKn & Hukum, 12(2), 66–82.
  12. Miftahul, H. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Isu-isu Motodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  13. Mutmainnah, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar PPKn Peserta Didik SMP. 21(1), 1–9.
  14. Ningari, W. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Yurisprudensi Inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peran Serta dalam Sistem Politik di Indonesia Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Kediri. Simki-Pedagogia, 01, 1–11.
  15. Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3, 155–158.
  16. Permatasari, F. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Yurisprudensi Inkuiri pada Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Wonoayu. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 03, 1500–1514.
  17. Shaw, M. (2022). Worldview literacy as intercultural citizenship education: A framework for critical, reflexive engagement in plural democracy. Education, Citizenship and Social Justice, 1–17. https://doi.org/10.1177/17461979211062125
  18. Shida, N., Abdullah, A. H., Osman, S., & Ismail, N. (2023). Design and development of critical thinking learning strategy in integral calculus. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 284–291. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.23779
  19. Sudjana, N. (2016). Penelitin Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  20. Sugiyono, Prof. Dr. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Bandung: Alfabeta.
  21. Sundawa, D., Fitriasari, S., Iswandi, D., & Muthaqin, D. I. (2018). Implementation of Teaching Model of Jurisprudential Inquiry Analysis as Prevention Effort from Hoax Among Students. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.91
  22. Uno, H B. (2018). Teori Motivasi dan Pengukuran pada Bidang Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
  23. Uno, Hamzah B. (2018). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  24. Van Peppen, L. M., Verkoeijen, P. P. J. L., Heijltjes, A. E. G., Janssen, E. M., & Van Gog, T. (2021). Enhancing students’ critical thinking skills: is comparing correct and erroneous examples beneficial? Instructional Science, 49(6), 747–777. https://doi.org/10.1007/s11251-021-09559-0
  25. Wahono, M. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama di Kota Semarang Melalui Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter dan HOTS. Untirta Civic Education Journal, 4(1), 16–28.
  26. Zulaiha, I. (2021). Soal HOTS Penilaian Akhir Tahun Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas X Sekolah Menegah Atas Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 10(1), 54–66.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-05-04
Published: 2023-07-31
Section: Artikel
Article Statistics: