Efektivitas Sekolah Adiwiyata terhadap Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa (Studi deskriptif di SMAN 4 Kota Serang)

Lediana Munazilah* -  , Indonesia
Ratna Sari Dewi -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Ronni Juwandi -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Adanya penelitian ini karena banyaknya siswa-siswa yang memperlihatkan sikap yang kurang peduli terhadap kondisi lingkungannya. Sekolah Adiwiyata hadir untuk membentuk masyarakat agar memiliki karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas sekolah Adiwiyata terhadap peningkatan karakter peduli lingkungan siswa di SMAN 4 Kota Serang. Penelitian ini dengan metode kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Kota Serang dengan jumlah sampel sebanyak 111 siswa dengan menggunakan angket. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji hipotesis, dan pengukuran efektivitas dengan metode Likert Summarting Rating. Penelitian ini menggunakan alat bantu olah data berupa Microsoft Excel dan SPSS versi 26. Kemudian hasil penelitian ini terbukti bahwa sekolah Adiwiyata efektif terhadap peningkatan karakter peduli lingkungan dengan memperoleh hasil 24.253 > Q2 dan rata-rata hasil presentase sebesar 72%. Kehadiran Adiwiyata terbukti dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan karenanya sekolah tersebut peserta didik diberikan pengetahuan, kesadaran, keterampilan dalam upaya pelestarian dan pengelolaan lingkungan agar memiliki karakter peduli lingkungan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan peneliti berikutnya dapat mengembangkan teori-teori, instrumen serta menambahkan subjek penelitian
Keywords
Efektivitas, Sekolah Adiwiyata, Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan
  1. Adam, A. F. B. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 166–173.
  2. Afrianda, R., Yolida, B., & Rita Marpaung, R. T. (2019). Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik, 7(1), 32–42.
  3. Arianti, N. N., Yuliarti, E., & -, M. (2015). Penerapan Prinsip 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replant Dan Replace) Sebagai Upaya Efektif Menangani Masalah Sampah Rumahtangga. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 13(1), 54–63. https://doi.org/10.33369/dr.v13i1.4131
  4. Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran Ips Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan 39-51. 3, 39–51.
  5. Badan Pusat Statistik. (2014). Indikator Perilaku Peduli Lingkungan (Vol. 2014).
  6. Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Analisis Ekoliterasi Siswa pada Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 5, Issue 3).
  7. Hakim, A. (2021). Pengaruh Penerapan Program Sekolah Adiwiyata Dan Model Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah Terhadap Karakter Siswa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. INSTITUT PTIQ JAKARTA.
  8. Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. In Upej (Vol. 5, Issue 3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
  9. Kementerian Lingkungan Hidup. (2019). Permen LHK RI No. P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata. Kementerian Lingkungan Hidup, 53(9), 1689–1699.
  10. Kuswantoro, M. D. Z. (2018). PENGARUH SEKOLAH ADIWIYATA TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN BAGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SURABAYA. In Journal of Materials Processing Technology.
  11. Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan.
  12. Nugroho, B. P. (2019). Pelakasanaan Program Adiwiyata di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 11.
  13. Nurwahyuni, N. (2021). Implementasi Pengelolaan Kualitas Dan Pengendalian Pencemaran Air Di Home Industry Krupuk Desa Kenanga Sindang Indramayu. Jurnal Suara Hukum, 3(1), 115. https://doi.org/10.26740/jsh.v3n1.p115-142
  14. Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. In SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334
  15. Panduan Pembinaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. (2019).
  16. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. (2013). Lembaran Negara Republik Indonesia 2013, 12–26.
  17. Ponisri, P., & Soekamto, M. H. (2020). Pemanfaatan Limbah Anorganik Untuk Penataan Taman Di Kelurahan Malawele. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.810
  18. Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. In Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (Vol. 13, Issue 1). https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133
  19. Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/900

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-04-16
Published: 2023-07-31
Section: Artikel
Article Statistics: