Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pelayanan Kesehatan Petugas Rekam Medis di Puskesmas Kabupaten Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.24269/jpk.v8i2.7022Abstract Kurangnya kesadaran masyarakat akan nilai-nilai Pancasila menunjukkan implementasi nilai-nilai sila Pancasila belum maksimal diterapkan pada masyarakat khususnya di bidang pelayanan Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila serta hambatannya dalam pelayanan Kesehatan petugas rekam medis di Puskesmas Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh petugas rekam medis yang berada di garda paling depan dalam memberikan pelayanan Kesehatan pada pasien di Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mencari data yang diperlukan. Dari hasil yang ditemukan di lapangan, ditemukan bahwa beberapa nilai-nilai sila Pancasila dimulai dari sila pertama sampai sila kelima sudah diimplementasikan di Puskesmas Kabupaten Karanganyar. Kepala Puskesmas memiliki peranan penting dalam menerapkannya. Hambatan dalam pengimplementasian ini yaitu hambatan secara internal terdapat pada petugas yang masih terlambat dalam mengikuti apel pagi, tidak bisa mengikuti rapat evaluasi. Sehingga kepala Puskesmas dan jajarannya harus dapat memberikan motivasi, dukungan, serta contoh pada petugas puskesmas khususnya rekam medis.
References
Darmalaksana W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Lapangan. UIN Preprint Digit.
Dermawan, M. S., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menanggulangi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 426–431. https://doi.org/10.31316/JK.V5I2.1741
Duha, A. M. (2022). Pancasila and Communism: An Ideological Comparison. Indonesian Journal of Pancasila and Global Constitutionalism, 1(2), 391–414. https://doi.org/10.15294/IJPGC.V1I2.59807
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/HUM.V21I1.38075
Fatimah, Y., Sanusi, A. R., & Nugraha, Y. (2019). Hambatan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.36805/CIVICS.V4I2.1322
Hardika, W. L., Alwan, F. B., & Nur Rahman, I. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 185–198. https://doi.org/10.30870/UCEJ.V1I2.1890
Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas – Probolinggo. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84–100. https://doi.org/10.35309/ALINSYIROH.V6I1.3818
Olivia, L. (2021). Implementasi nilai Pancasila sebagai Sumber Etika, Moral Dan Karakter Dalam Penerapan Pelayanan Kesehatan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 113–121. https://doi.org/10.52657/JIK.V10I2.1478
Lincoln LY.S., & Guba E.G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage.
Maulana. (2022). PPKn Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jakarta: Kencana.
Hapsari Indria, I., & Sukarya, S. (2020). Implementasi Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kebon Baru 4. Journal of Basic Education Research, 1(3), 83–86. https://doi.org/10.37251/JBER.V1I3.107
Nilawati, R., Haris, H., & Mustaring. (2017). Pergeseran Nilai Gotong Royong Di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Tomalebbi, 0(4), 172–187. Diambil dari https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/6746
Nurgiansah, T. (2021). Pendidikan Pancasila. Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Agus Sutono. (2015). Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.26877/CIVIS.V5I1/JANUARI.628
Putu, L., Antari, S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444
Rahmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR PRESS.
Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai - Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.36456/INVENTA.5.2.A3549
Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/JK.V5I1.1452
Ubaidillah. (2019). Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. JCE (Journal of Childhood Education), 2(2), 193–221. https://doi.org/10.30736/JCE.V2I1.38
Dermawan, M. S., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menanggulangi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 426–431. https://doi.org/10.31316/JK.V5I2.1741
Duha, A. M. (2022). Pancasila and Communism: An Ideological Comparison. Indonesian Journal of Pancasila and Global Constitutionalism, 1(2), 391–414. https://doi.org/10.15294/IJPGC.V1I2.59807
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/HUM.V21I1.38075
Fatimah, Y., Sanusi, A. R., & Nugraha, Y. (2019). Hambatan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.36805/CIVICS.V4I2.1322
Hardika, W. L., Alwan, F. B., & Nur Rahman, I. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 185–198. https://doi.org/10.30870/UCEJ.V1I2.1890
Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas – Probolinggo. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84–100. https://doi.org/10.35309/ALINSYIROH.V6I1.3818
Olivia, L. (2021). Implementasi nilai Pancasila sebagai Sumber Etika, Moral Dan Karakter Dalam Penerapan Pelayanan Kesehatan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 113–121. https://doi.org/10.52657/JIK.V10I2.1478
Lincoln LY.S., & Guba E.G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage.
Maulana. (2022). PPKn Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jakarta: Kencana.
Hapsari Indria, I., & Sukarya, S. (2020). Implementasi Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kebon Baru 4. Journal of Basic Education Research, 1(3), 83–86. https://doi.org/10.37251/JBER.V1I3.107
Nilawati, R., Haris, H., & Mustaring. (2017). Pergeseran Nilai Gotong Royong Di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Tomalebbi, 0(4), 172–187. Diambil dari https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/6746
Nurgiansah, T. (2021). Pendidikan Pancasila. Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Agus Sutono. (2015). Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.26877/CIVIS.V5I1/JANUARI.628
Putu, L., Antari, S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444
Rahmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR PRESS.
Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai - Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.36456/INVENTA.5.2.A3549
Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/JK.V5I1.1452
Ubaidillah. (2019). Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. JCE (Journal of Childhood Education), 2(2), 193–221. https://doi.org/10.30736/JCE.V2I1.38
Downloads
Published
2023-07-31
How to Cite
Sinta, T. B., & Hanifah, H. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pelayanan Kesehatan Petugas Rekam Medis di Puskesmas Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 97–102. https://doi.org/10.24269/jpk.v8i2.7022
Issue
Section
Artikel
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





