Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pelayanan Kesehatan Petugas Rekam Medis di Puskesmas Kabupaten Karanganyar

Tunjung Bayu Sinta* -  , Indonesia
Hanifah Hanifah -  D3 RMIK, Karanganyar, Indonesia
Kurangnya kesadaran masyarakat akan nilai-nilai Pancasila menunjukkan implementasi nilai-nilai sila Pancasila belum maksimal diterapkan pada masyarakat khususnya di bidang pelayanan Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila serta hambatannya dalam pelayanan Kesehatan petugas rekam medis di Puskesmas Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh petugas rekam medis yang berada di garda paling depan dalam memberikan pelayanan Kesehatan pada pasien di Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mencari data yang diperlukan. Dari hasil yang ditemukan di lapangan, ditemukan bahwa beberapa nilai-nilai sila Pancasila dimulai dari sila pertama sampai sila kelima sudah diimplementasikan di Puskesmas Kabupaten Karanganyar. Kepala Puskesmas memiliki peranan penting dalam menerapkannya. Hambatan dalam pengimplementasian ini yaitu hambatan secara internal terdapat pada petugas yang masih terlambat dalam mengikuti apel pagi, tidak bisa mengikuti rapat evaluasi. Sehingga kepala Puskesmas dan jajarannya harus dapat memberikan motivasi, dukungan, serta contoh pada petugas puskesmas khususnya rekam medis.
Keywords
Nilai-Nilai Pancasila; Pelayanan Kesehatan; Petugas Rekam Medis
  1. Darmalaksana W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Lapangan. UIN Preprint Digit.
  2. Dermawan, M. S., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menanggulangi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 426–431. https://doi.org/10.31316/JK.V5I2.1741
  3. Duha, A. M. (2022). Pancasila and Communism: An Ideological Comparison. Indonesian Journal of Pancasila and Global Constitutionalism, 1(2), 391–414. https://doi.org/10.15294/IJPGC.V1I2.59807
  4. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/HUM.V21I1.38075
  5. Fatimah, Y., Sanusi, A. R., & Nugraha, Y. (2019). Hambatan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.36805/CIVICS.V4I2.1322
  6. Hardika, W. L., Alwan, F. B., & Nur Rahman, I. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 185–198. https://doi.org/10.30870/UCEJ.V1I2.1890
  7. Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas – Probolinggo. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84–100. https://doi.org/10.35309/ALINSYIROH.V6I1.3818
  8. Olivia, L. (2021). Implementasi nilai Pancasila sebagai Sumber Etika, Moral Dan Karakter Dalam Penerapan Pelayanan Kesehatan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 113–121. https://doi.org/10.52657/JIK.V10I2.1478
  9. Lincoln LY.S., & Guba E.G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage.
  10. Maulana. (2022). PPKn Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jakarta: Kencana.
  11. Hapsari Indria, I., & Sukarya, S. (2020). Implementasi Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kebon Baru 4. Journal of Basic Education Research, 1(3), 83–86. https://doi.org/10.37251/JBER.V1I3.107
  12. Nilawati, R., Haris, H., & Mustaring. (2017). Pergeseran Nilai Gotong Royong Di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Tomalebbi, 0(4), 172–187. Diambil dari https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/6746
  13. Nurgiansah, T. (2021). Pendidikan Pancasila. Solok: CV Mitra Cendekia Media.
  14. Agus Sutono. (2015). Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.26877/CIVIS.V5I1/JANUARI.628
  15. Putu, L., Antari, S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444
  16. Rahmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR PRESS.
  17. Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai - Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.36456/INVENTA.5.2.A3549
  18. Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/JK.V5I1.1452
  19. Ubaidillah. (2019). Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. JCE (Journal of Childhood Education), 2(2), 193–221. https://doi.org/10.30736/JCE.V2I1.38

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-04-13
Published: 2023-07-31
Section: Artikel
Article Statistics: