Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Kurikulum Merdeka

Reza Ayu Fidyaningrum -  , Indonesia
Wibowo Heru Prasetiyo* -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar perhatian orang tua mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, obervasi, dan dokumentasi. Kuesioner atau angket secara langsung yang dibagikan kepada 90 siswa yaitu kelas VII, VIII, dan IX MTs Darussalam Bandung, Kabupaten Boyolali. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Data kemudian dianalisis menggunakan software SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PPKn. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka sebesar 35%. Dengan kata lain, semakin tinggi perhatian yang diberikan orang tua kepada siswa maka semakin tinggi hasil belajar PPKn. Sebaliknya, semakin rendah perhatian yang diberikan orang tua  maka semakin rendah hasil belajar  PPKn yang didapat oleh siswa. Studi ini merekomendasikan para orang tua dapat memberikan perhatian dan bimbingan belajar secara optimal untuk membantu para siswa meraih hasil belajar. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya.
Keywords
Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Pancasila dan Kewarganegaraan
  1. Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Rineka Cipta.
  2. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA.
  3. Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
  4. Aziz, A. A., Yusof, K. M., & Yatim, J. M. (2012). Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students’ Perspectives. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56(22), 22–30. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.628
  5. Bimo Walgito. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.
  6. Djafar, F. A., Pasongli, H., Robo, T., & Tolangara, A. . (2020). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Geografi Kelas Viii Smp Al – Irsyad Kota Ternate. Jurnal Reforma, 9(2), 61. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303
  7. Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246
  8. Febrianty, R. & Y. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar dalam Mengerjakan Tugas Sekolah (online). Jurnal Profesi Konseling, Vol 2(1).
  9. Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip, 2(1), 144–161.
  10. Harianto, A. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Dan Prestasi Siswa. Raushan Fikr, 8(2), 63–82.
  11. Imran, A., Getteng, A. R., & Malli, R. (2022). KONTRIBUSI PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 KAB. BULUKUMBA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–13.
  12. Lunandi, A. (1992). Komunikasi mengena. Penerbit Kanisius.
  13. M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Rineka Cipta.
  14. Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.
  15. Munirah. (2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Jurnal Auladuna, 2(2 Desember 2015).
  16. Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.
  17. Ningrum, W. ratna. (2016). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137.
  18. Paulpandi B & Govindharaj P. (2017). Academic achievement in mathematics subject among secondary school students in Madurai, Tamil Nadu. International Journal of Indian Psychology, 4(3), 57–63.
  19. Prianto, A., & Putri, T. H. (2017). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, Dan Manajemen (JPEKBM), 1(2), 13–38. ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ekonomi%0APENGARUH
  20. Rahmawati, F., & Wirdati, W. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. An-Nuha, 1(4), 584–597. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.114
  21. Rarasanti, I. G. A., Sarjana, K., Prayitno, S., & Sripatmi, S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPK. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 275–284. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.67
  22. Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
  23. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor_faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
  24. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
  25. Sumadi Suryabrata. (2008). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
  26. Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum (Kelima). In CV. Andi Offset. Andi Offset.
  27. Walgiyanti, W., & Setiawati, E. (2022). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Intensitas Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 SMU 1 Panggang Gunungkidul. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3(117), 610–617. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.350
  28. Yaparuddin, Syaparuddin Meldianus Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
  29. Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-03-30
Published: 2023-07-31
Section: Artikel
Article Statistics: