Peningkatakan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IB SDN 02 Girimoyo Malang Melalui Problem Based Learning

Nur Fatimah* -  Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Gigit Mujianto -  Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Kholiq Yudiantoro -  Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang dimiliki oleh siswa kelas 1 SDN 02 Girimoyo Malang nemiliki hasil yang sangat rendah, perihal tersebut di akibatkan karena adanya penerapan kurikulum Merdeka. Penelitian dilakukan untuk dapat menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan tujuan untuk memberikan peningkatan pada hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas 1 SDN 02 Girimoyo malang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan Teknik perbandingan dan deskripsi. Terdapat beberapa langkah untuk menerapkan proses pembelajaran yaitu dengan merencanakan, melaksanakan, menganalisis. Berdasarkan hasil dari penelitian di dapatkan bahwa terdapat kenaikan rata-rata sebesar 68,7 dari 14,1 menjadi 82,8. Peningkatan nilai berhasil mencapai 91,3. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning akan menjadikan siswa memiliki semangat yang tinggi dalam belajar dan siswa menjadi dapat meahami materi yang diberikan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat menungkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 02 Girimoyo Malang.
Keywords
Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Kurikulum Merdeka
  1. Anas, Z. (2022, December). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Jendela.Kemdikbud.Go.Id. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/kurikulum-pendidikan-dan-peradaban
  2. Cahyo, A. N. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar : teraktual dan terpopuler. In Metode Belajar-Buku Pedoman, Buku Pegangan (pp. 305–309). Diva Press.
  3. Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe group investigation (gi) dan cooperative integrated reading and composition (circ) dalam meningkatkan kreativitas berpikir kritis dan hasil belajar ips siswa kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
  4. Ende. (2022, June). Proses Belajar Pancasila Semakin Menyenangkan dan Relevan dengan Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/06/proses-belajar-pancasila-semakin-menyenangkan-dan-relevan-dengan-kurikulum-merdeka
  5. Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas.
  6. Hakim, M. A. A., & Totalia, S. A. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IIS DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/9430
  7. Indonesia. (2003). undang nomor 20 Tahun 2003 . Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  8. Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53–58.
  9. Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73–100.
  10. Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/129
  11. Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/82
  12. Prayogo, S. (2022). Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas II Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7934–7940. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3675
  13. Riset, K. M. P. K. ,&Nomor,T. R. I. (2022). 56/M/2022. (2022, June 22). KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 262/M/2022. TENTANG PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 56/M/2022 TENTANG PEDOMAN PENERAPAN KURIKULUM DALAM RANGKA PEMULIHAN PEMBELAJARAN.
  14. Salim, S. (2022). Pendidikan Pancasila di Kurikulum Merdeka. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/02/21/pendidikan-pancasila-di-kurikulum-merdeka
  15. SekretariatGTK. (2022, July 19). Implementasi Kurikulum Merdeka tetap Berjalan Sesuai Rencana. Gtk.Kemdikbud.Go.Id. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-03-29
Published: 2023-07-31
Section: Artikel
Article Statistics: