LEVEL KOGNITIF SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII UNTUK PENDIDIKAN MENENGAH

Intan Sari Rufiana* -  01065821460, Egypt

DOI : 10.24269/dpp.v2i2.153

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal yang ada pada buku siswa kurikulum 2013 kelas VII SMP mata pelajaran matematika dalam rangka mengevaluasi implementasi kurikulum 2013 dari segi dokumen yang digunakan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan studi dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan dokumentasi, sebab penelitian ini ditujukan untuk menganalisis soal-soal yang ada pada sebuah dokumen kurikulum 2013, yaitu buku siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan identifikasi soal-soal
yang ada di buku teks kurikulum 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi yaitu dengan cara mengklasifikasikan soal-soal berdasarkan tingkat kognitif siswa, yaitu pemahaman, penyajian dan penafsiran, penalaran dan pembuktian.

Hasil analisis terhadap soal-soal yang ada pada buku siswa kurikulum 2013 mata pelajaran matematika kelas VII menyimpulkan bahwa soal-soal yang ada pada buku siswa kurikulum 2013 kelas VII untuk mata pelajaran matematika sebagian besar adalah soal pemahaman yaitu sebanyak 68.01%. Proporsi soal penyajian dan penafsiran (23.67%)
lebih besar dibandingkan soal penalaran dan pembuktian (1.45%). Prosentase yang kecil pada soal bentuk penalaran dan pembuktian menyebabkan siswa tidak terbiasa untuk menyelesaikan soal-soal dalam bentuk ini. Hal itu dapat berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bentuk ini. Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi praktisi dan pemangku kepentingan pendidikan untuk dapat mengkoreksi pelaksanaan kurikulum 2013.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-06-24
Published: 2016-06-24
Section: Artikel
Article Statistics: