KREDIBILITAS BUPATI INCUMBENT PADA PILKADA 2015 DI KABUPATEN PONOROGO

Niken Lestarini* -  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/ars.v3i2.3

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kredibilitas Bupati Incumbent PadaPemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Kabupaten Ponorogo. Pilkada serentak 2015yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2015 di Kabupaten Ponorogo terdapat 4pasangan Calon Bupati dan Calon wakil Bupati. Salah satu calon Bupati adalah BupatiIncumbent yaitu Bapak H. Amin, SH Kredibilitas beliau menarik untuk dikaji dan dianalisiskarena beliau mengawali karir Politiknya sebagai Kepala Desa dan awal pendidikan formaladalah Sekolah Dasar. Untuk menjawab permasalahan-permasalahan tentang kredibilitas diatas maka diangkat fokus penelitian berikut : Kredibilitas dari persepsi komunikan(masyarakat) terhadap Bupati Incumbent dan kredibilitas yang berkenaan dengan sifat-sifatkomunikator (Bupati Incumbent). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif danteknik pengumpulan data menggunakan teknik indept interview atau wawancara mendalamdengan beberapa informan dilakukan melalui teknik snowball (bola salju) dan observasidengan mengamati saluran media yang digunakan dan menggunakan teknik dokumentasi.Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan datadan menghasilkan kesimpulan bahwa kredibilitas Bupati Incumbent dalam Pilkada 2015 diKabupaten Ponorogo sangat bagus baik ditinjau dari persepsi komunikan, sifat-sifatkomunikator dan media yang digunakan meskipun kemenangan calon masih tergantung bariberbagai aspek paling tidak ditinjau dari sisi kredibilitasnya bupati incumbent di Kabupaten Ponorogo diperhitungkan sebagai 3 calon kuat dan mampu bertarung dengan calon-calon yang lain. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah bahwa Penilaian terhadap Kredibilitas calon pemimpin merupakan hal yang sangat penting apalagi bagi pemimpin publik bahkan politik tetapi aspek-aspek yang lain juga sangat penting dimiliki oleh calon pemimpin agar menjadi pemimpin benar-benar sukses dan khusnul khotimah

Keywords
Kredibilitas, Bupati Incumbent, Pilkada 2015 Kabupaten Ponorogo.
  1. Adnan Nursal, Political Marketing, Strategi Memenangkan Pemilu Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR,DPD, Presiden, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
  2. Ardial, Komunikasi Politik, PT. Indeks, Jakarta, 2010.
  3. Fajar Junaidi, Komunikasi Politik, Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia, Mata Hati Pressindo, Yogyakarta, 2013
  4. Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif, edisi II, Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, 2004
  5. Jalalludin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Karya CV, 1986.
  6. Redi Panuju,M.Si., Komunikasi Organisasi, dari Konseptual-Teoritas ke Empirik, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta, 2001.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-02-18
Published: 2016-02-18
Section: Artikel
Article Statistics: 603 424
Citation :