PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “THINK-PAIR-SHARE” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SDN 1 JOSARI KEC. JETIS KAB. PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Retno Setyo Widati* -  Guru Sekolah Dasar Negeri 1 Josari, Jetis Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/ars.v4i2.194

Abstraksi

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi belajar, salah satunya dengan pembelajaraan kooperatif dengan pendekatan struktural,”Think-pair-share”. Strategi ini menantang asumsi bahwa seluruh resitasi dan diskusi perlu dilakukan di dalam seting seluruh kelompok. Think-Pair-Shere memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: adakah peningkatan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 dengan model pembelajaran kooperatif tipe ”Think-Pair-Share”  pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti  berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan ada peningkatan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 dengan model pembelajaran kooperatif tipe ”Think-Pair-Share”  pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe ”Think-Pair-Share

Keywords
Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe ”Think-Pair-Share”
  1. epartemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 1999. Bahan Pelatihan Penelitian Tindakan (Action Research); Jakarta. Depdikbud
  2. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2000. Panduan Kurikulum Metode Alternatif Belajar/Mengajar Jakarta.Depdikbud
  3. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Satker Pembinaan Pendidikan Menengah Umum (2005/2006) Buku Materi Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK); Jawa Timur;.
  4. Departemen Pendidikan Nasional Kurikulum 2004 SD Pedoman Khusus Pengembangan silabus dan penilaian.
  5. Departemen Pendidikan Nasional Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Natematika.
  6. Melvin L. Silberman, 1996. Active Learning : 101 Strategies to Teach Any Subject. Boston:Allyn Bacon.
  7. Nurhadi dkk, (II Rev. 2004) Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK; Malang ; Penerbit Universitas Negeri Malang.
  8. Rachiati Wiriatmadja, 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
  10. Wawang Hutawarman, 2004. Model-Model Pembelajaran Kooperatif.
  11. Workshop PTK, 2005, Pedoman Khusus Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-08-05
Published: 2016-08-05
Section: Artikel
Article Statistics: 2636 5766
Citation :