PEMANFAATAN DIGITAL PUBLIC RELATIONS (PR) DALAM SOSIALISASI TAGLINE “jogja istimewa” HUMAS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
DOI : 10.24269/ars.v4i1.183
Abstrak
Dalam mensosialisasikantagline baru kepada seluruh masyarakat kota Yogyakarta dibutuhkan proses sosialisasi dan disini peranan Humas Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai komunikator dan mediator antara pemerintah dan masyarakat kota Yogyakarta sangat penting. Di era komunikasi digital, pemanfaatan media komunikasi Digital Public Relations (PR) menjadi hal urgent yang dapat dilakukan dalam proses sosialisasi.Dengan memanfaatkan Digital PR, diharapkan proses sosialisasi Jogja Istimewa sebagai branding baru Kota Yogyakarta lebih cepat, tepat dan efektif tersosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Yogyakarta. Dengan demikian Daerah IstimewaYogyakarta Yang Lebih Berkarakter, Berbudaya, Maju, Mandiri dan Sejahtera Menyongsong Peradaban Baru dapat dengan mudah terwujud. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif menurut Whitney (dalam Nazir, 1988: 63) yaitu penelitian untuk pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat, Penelitian ini dilakukan pada Humas Pemerintah Kota Yogyakarta dengan pengkhususan pada implementasi digital Public Relations (PR) dalam mensosialisasikan “jogja Istimewa”.
Kata Kunci: Digital, Public Relations, Sosialisasi
- Cresswell, J.W. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif and Mixed. Edisi Ketiga. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.
- Hidayat, Dasrun. 2014. Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Graha Ilmu.Yogyakarta.
- Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi
- Aksara : Jakarta.
- Nazir, Muhammad.1988. Metode Penelitian.Ghalia. Jakarta.
- Nilla sari, Betty Wahyu. 2012. Humas pemerintah. Graha Ilmu. Yogyakarta.
- Nasrullah, Rulli.2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi.
- PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
- Morissan.2014. Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional.
- Kencana Prenadamedia. Jakarta.
- Moleong J, Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung
- Ruslan, Rosady. 2011. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Rajawali Press. Jakarta.
- Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Soerjono,Soekamto. 2005. Sosiologisuatupengantar. Rajawali Press.Jakarta.
- Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta
- Sutopo, HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian, Universitas Sebelas Maret Press, Surakarta.
- Sugiono. 2012. Metode penelitian kuantitaif kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.