PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PICTORIAL HEALTH WARNING (PHW) PADA BUNGKUS ROKOK DI WARUNG KOPI DOEL SURYA PONOROGO

Mr Pinaryo* -  Unmuh Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/ars.v4i1.182

Abstrak

Sebagian besar perokok tahu bahaya merokok. Kenyataannya perilaku merokok terus berjalan, baik di rumah/kantor, tempat umum, warung dsb. Usia perokok meluas pada anak-anak muda, dan kalangan pelajar SMP. Remaja laki-laki merokok merupakan komunikasi“gaul” ala remaja, agar percaya diri, dewasa. Merokok sangat membahayakan kesehatan. Banyak alasan merokok, seperti gaya hidup (lifestyle), kepuasan (satisfaction), gagah/macho (masculine) dll. Merokok merusak organ tubuh perlahan-lahan misalnya jantung, paru-paru, bahkan kanker mulut dan kanker tenggorokan yang amat berbahaya bagi kesehatan. Dinas Kesehatan telah melakukan upaya pencegahan merokok dengan berbagai himbauan, poster-poster, iklan TV, film, diskusi/seminar.Dengan tulisan MEROKOK DAPATME NYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN, kemudian ROKOK  MEMBUNUHMU dengan gambar laki-laki merokok dan dua buah tengkorak merupakanPictorial Health Warning (PHW). Bahan kimia dalam rokok: Nikotin, Tar (karsinogenik), Sianida, Benzene, Cadmium, Metanol Asetilena, Amonia, Formaldehida, Hidrogen sianida, Arsenik, .Karbon monoksida, senyawa racun kimia berbahaya. Kesimpulannya, perokok tidak terpengaruh oleh gambar (pictorial health warning), perokok pemula merasa ngeri, takut. Perilakunya menyobek gambar PHW, membeli rokok eceran, dan intinya tetap merokok.

Kata kunci: Iklan, Rokok, Pictorial Health Warning (PHW)
Keywords
Iklan, Rokok, Pictorial Health Warning (PHW)
  1. Al Quran Surat Al a’raf (ayat) 157.
  2. Al Quran Surat Al Baqoroh (ayat) 2 dan An Nisa (ayat) 29.
  3. Naskah Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid bernomor 6/SM/MTT/III/2010
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2013 tentang pencantuman peringatan kesehatan dan informasi kesehatan pada kemasan produk tembakau.
  5. Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012 yang mengatur tentang iklan rokok baik di tempat umum, media cetak dan televisi

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-08-05
Published: 2016-08-05
Section: Artikel
Article Statistics: