MENJAWAB KENDALA PERPUSTAKAAN DENGAN IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT

Penulis

  • Muhammad Rifky Nurpratama Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada

DOI:

https://doi.org/10.24269/pls.v2i1.958

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman, perpustakaan memiliki kendala untuk berkembang. Dimulai dari mainset buruk masyarakat terhadap perpustakaan, hingga ketidaksiapan internal untuk maju, bahkan ditambah dengan hadirnya internet yang semakin menggantikan perpustakaan sebagai tempat sumber informasi. Maka dari itu, knowledge management dapat dijadikan solusi karena pada dasarnya knowledge management diterapkan untuk mengatasi ketidaksiapan atau permasalahan internal, yang fungsi dan manfaatnya tidak hanya bagi perbaikan internal dengan menangkap pengetahuan yang tersimpan oleh karyawan serta juga bagi eksternal, sebagai pemicu ide atas masalah yang dihadapi. Langkah yang dapat ditempuh dalam knowledge management untuk mengatasi kendala di perpustakaan yaitu, pertama adalah people, dengan menyamakan persepsi dan memberikan kesempatan serta visibilitas kepada pustakawan untuk berkontribusi dalam aktifitas manajerial. Kedua, adalah process dengan menjalankan aktifitas knowledge sharing, namun perlu dilengkapi dengan langkah konkrit seperti penjadwalan, topik bahasan dan output yang akan dihasilkan. Ketiga, adalah technology dengan membentuk ruang diskusi online yang dinamakan portal knowledge management dalam lingkup internal dan hanya dapat diakses dalam lingkup intranet.

Kata Kunci: kendala perpustakaan, manajemen pengetahuan, berbagi pengetahuan

Referensi

Bhojaraju, G. 2005. Knowledge management: Why do we need it for corporates. Malaysian Journal of Library and Information Science, 10(2), 37–50.

Blackman, D. A., & Henderson, S. 2005. Know ways in knowledge management. The Learning Organization, 12(2), 152–168. https://doi.org/10.1108/09696470510583539

Ermine, J. L. 2010. Introduction to knowledge management. Trends in enterprise knowledge management, 21–43.

Fertalj, K. 2005. Challenge of knowledge management : From theory to practice, 2005, 204–210.

Ju, Dehua., & Shen, Beijun. 2015. Library as knowledge ecosystem. Library Management, 36(4/5), 329–339.

Marouf, L. 2017. Are academic libraries ready for knowledge management? The electronic library, 35(1).

Muttaqien, A. 2014. Membangun perpustakaan berbasis konsep knowledge management : transformasi menuju research college dan perguruan tinggi berkualitas internasional. Knowledge management, 1–20.

Nawawi, Ismail. 2012. Manajemen pengetahuan (knowledge management). Bogor : Ghalia Indonesia.

Nurpratama, M. R. 2015. Pengaruh Knowledge management Terhadap Kinerja Karyawan. (skripsi). Universitas Airlangga. Retrieved from http://lib.unair.ac.id

Parker, K. R., Nitse, P. S., & Flowers, K. A. 2005. Libraries as knowledge management centers. Library management, 26, 176–189.

Setiarso, B. 2006. Berbagi pengetahuan : Siapa yang mengelola pengetahuan?, 1–13.

Tobing, Paul L. 2007. Knowledge management : Konsep, Arsitektur dan Implementasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Vasconcelos, A. C. 2008. Dilemmas in knowledge management. Library management, 422–443

Unduhan

Diterbitkan

2018-05-29

Cara Mengutip

Nurpratama, M. R. (2018). MENJAWAB KENDALA PERPUSTAKAAN DENGAN IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT. Publication Library and Information Science, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.24269/pls.v2i1.958

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama