ANALISIS PENERIMAAN DAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP SISTEM INFORMASI DI PERPUSTAKAAN INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v3i1.1438Abstract Penelitian ini berjudul “Analisis Penerimaan dan Kepuasan Pemustaka terhadap Sistem Informasi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakartaâ€. Tujuan penelitian untuk menguji penerimaan dan kepuasan pemustaka menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang dikembangkan  oleh Doll  dan Torzhadeh (1998).  Metode dalam  penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni meneliti sekelompok manusia, suatu objek tertentu dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, hubungan antara fenomena yang diteliti. Subjek penelitian adalah para pengguna akhir sistem  informasi  di  Perpustakaan  Institut  Seni  Indonesia  (ISI)  Surakarta.  Pengguna  sistem informasi di dalam penelitian ini merupakan pemustaka (responden) potensial yang secara acak (random)  ditemui  di  perpustakaan  dan  diberikan  kuisioner  yang  terdiri  dari  20  pernyataan. Variabel penelitian   merupakan  variabel dalam  model  EUCS yakni  mencakup isi (content), akurasi (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use) dan ketepatan waktu informasi (timeliness)  dalam  sistem  informasi  untuk  mendukung  pelayanan  di  Perpustakaan  ISI Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan sistem informasi perpustakaan telah diterima dengan baik oleh pemustaka dan pemustaka merasakan manfaat yang tinggi. Pemustaka menyatakan sudah  cukup  puas  menggunakan  sistem  informasi  perpustakaan. Namun  pada  dimensi keakuratan (accuracy) dan kecepatan (timelines) pemustaka merasa kurang puas dengan kinerja sistem informasi. Diharapkan penelitian ini menjadi landasan bagi pihak perpustakaan dalam menentukan kebijakan terkait dengan pengembangan sistem informasi perpustakaan, perbaikan dan penyempurnaan sistem informasi yang sudah ada di Perpustakaan ISI Surakarta
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2006) Metode Penelitian Kuantitatif . Jakarta: Kencana.
Creswell, John W. (2010) Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi 3. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Davis, Gordon B. (1988) Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen: Bagian I Pengantar. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Hartono, Jogiyanto, M. (2005). Sistem Teknologi Informasi: Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan. Edisi II.Yogyakarta: Andi Offset.
Idrus, Muhammad. (2000) Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.
Indrajit, Richardus Eko. (2000) Pengantar Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Istiarti, Atin .(2016) Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Technology Acceptance Model Dan End-User Computing Satisfaction Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Itmamudin. (2014).Analisis Kepuasan Pengguna OPAC dan Dampaknya Terhadap Loyalitas di Perpustakaan STAIN Salatiga , Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Kristyanto, Dian. (2016) Analisis Pengaruh Human Organization Technology (HOT) Fit Model Terhadap Pemanfaatan Sistem Informasi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Kumorotomo, Wahyudi dan Margono, Subando Agus. (1994) Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi-organisasi Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nasir, Moh. (2003) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pramesti, Kiki Ayu. (2014).Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Menggunakan HOT-FIT Model di Kota Surabayaâ€, Tesis (tidak diterbitkan), Surabaya : Universitas Airlangga, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan.
Sugiyono. (2014) “Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Kombinasi (Mix Methods), Penelitian Tindakan ( Action Research), Penelitian Evaluasiâ€, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010) Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. ( 2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Xiao, Li and Dasgupta, Subhasish. (2002), Measurement Of User Satisfaction Withweb-Based Information Systems:An Empirical Study. Eighth Americas Conference on Information Systems, George Washington University.
WEB:
http://sipadu.isi-ska.ac.id/sigilib/cari.php diakses 10 Desember 2017, 20.50 WIB
Sekundera, Charlesto P.L. (2006) Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Dan End User Computing Satisfaction Terhadap Penerapan Sistem Core Banking Pada Bank Abc. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro. Diakses melalui http://eprints.undip.ac.id/ 10 Desember 2017, 20.03 WIB
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.
_baru.png)






