SUMBER REFERENSI DAN AKSES INFORMASI KESEHATAN OLEH MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI

Elfitri Kurnia Erza* -  Universitas YARSI, Indonesia
Rosini Rosini -  Universitas YARSI, Indonesia
Erlangga Wisnu Wardhana -  Universitas YARSI, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v4i2.3075

Sumber informasi elektronik sudah menjadi bagian dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi.  Mahasiswa sangat akrab dengan sumber informasi yang dapat diakses dengan mudah menggunakan perangkat yang mereka miliki. Sumber informasi kesehatan merupakan salah satu sumber referensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber referensi apa yang sering dimanfaatkan mahasiswa dalam proses belajar mereka. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa mengakses sumber informasi kesehatan dalam bentuk elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang mahasiswa. Data primer didapatkan melalui kuesioner, dan didukung dengan data sekunder berupa observasi dan wawancara kepala perpustakaan dan pustakawan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa  mahasiswa sudah sangat familiar dengan sumber informasi elektronik. Database yang sering diakses adalah EBSCO dan Proquest, karena database ini dilanggan oleh perpustakaan. Selain itu mahasiswa juga mengakses database secara gratis menggunakan situs DOAJ dan Onesearch. Adapun hambatan mahasiswa dalam mengakses adalah kesulitan dalam menentukan kata kunci dan menemukan situs lain yang berisi informasi kesehatan.

Keywords
sumber referensi, informasi kesehatan, sumber informasi elektronik, mahasiswa, Fakultas Kedokteran
  1. Ahmed, A., & Al-Reyaee, S. (2017). Knowledge and Use of Electronic Information Resources by Medical Students at Al-Jouf University in Saudi Arabia. Library Philosophy & Practice, 1-21.
  2. Andayani, U. (2014). Manajemen Sumber-Sumber Informasi Elektronik. Jurnal Al-Maktabah Vol 13 (1) hal.8-19
  3. Fadilla, N. (2018). Persepsi Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara Terhadap Portal Indonesia One Search. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sumatera Utara
  4. IFLA. (2012). Key Issues for E-Resources Collection Development: a guide for libraries. Diakses melalui http://www.ifla.org
  5. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. PNRI. Jakarta
  6. Saxena, A. (2009). Electronic Publishing : Impact of ICT on Academic Libraries. http://crl.du.ac.in/ical09/papers/index_files/ical-117_142_311_2_RV.pdf
  7. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-10-02
Published: 2021-04-01
Section: Articles
Article Statistics: 31 15
Citation :