Manajemen Retensi Pustakawan (Studi Kasus Pada Pustakawan Universitas Pekalongan)
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.1829Abstract Pendahuluan: Pustakawan menjadi aset utama sebuah perpustakaan untuk keberlangsungan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Namun dewasa ini beberapa perpustakaan di dunia mengalami kendala yang sama, yaitu berkenaan dengan cara mempertahankan the best employee yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen retensi pustakawan yang ada di Universitas Pekalongan. Metode: penelitian ini menggunakan kualitatif pendekatan studi kasus. Informasi yang diteliti berjumlah empat orang. Hasil: Faktanya kepala perpustakaan tersebut bukanlah pegawai yang memiliki masa kerja terlama. Berdasarkan penuturannya menjabat kepala perpustakaan ini disebabkan karena tidak ada pilihan lain, dalam artian sebelumnya perpustakaan ini dipimpin oleh pegawai yang berlatar pendidikan non-perpustakaan. manajemen pustakawan menjadi prioritasnya Informan NM juga memberikan beberapa treatment khusus kepada pustakawan ketika ada lembur, seperti makan bersama dan memberikan uang lemburan. Disamping itu juga NM menyempatkan untuk mengadakan family gathering khusus pegawai perpustakaan. Kesimpulan: Pada perpustakaan Universitas Pekalongan menerapkan beberapa kegiatan sebagai cara memanajemen pustakawannya, diantaranya yakni family gathering, memberi uang lemburan dan makan bersama pada momen tertentu. Kenyamanan dalam bekerja dan memiliki space antara kehidupan pribadi serta kehidupan bekerja merupakan salah satu faktor retensi yang dapat menjadikan pegawai betah untuk terus bertahan di perpustakaan tersebut
References
Das, B. L., & Baruah, M. (2013). Employee Retention: A Review of Literature. IOSR Journal of Business and Management, 08-16.
Fitzenz. (1997). It's costly to lose good employees. Workforce.
Hermawan, R., & Zen, Z. (2006). Etika Kepustakawanan. Jakarta: Sagung Seto.
Ang, L., & Buttle, F. (2006). Customer retention management processes: A quantitative study. European Journal of Marketing, 40(1/2), 83–99. https://doi.org/10.1108/03090560610637329
Chhabra, N. L., & Mishra, A. (2008). Talent Management and Employer Branding: Retention Battle Strategies. ICFAI Journal of Management Research, 7(11), 50–61. Retrieved from http://search.ebscohost.com.ezproxy.liv.ac.uk/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=35765718&site=eds-live&scope=site
Jogulu, U. D. (2010). Culturallyâ€linked leadership styles. Leadership & Organization Development Journal, 31(8), 705–719. https://doi.org/10.1108/01437731011094766
Johnson, R. (2007). Employee Retention. Supply House Times, 50(9), 80. https://doi.org/10.1145/1376142.1376139
Luzius, J., & Ard, A. (2006). Leaving the Academic Library. Journal of Academic Librarianship, 32(6), 593–598. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2006.06.004
Mannan, E. F. (2010). Retensi pustakawan : Studi Kasus Pustakawan Sekolah di Surabaya. Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/133053-T 27870-Retensi pustakawan-Analisis.pdf
Puspitasari, R. (2015). Retensi Pustakawan: Studi Kasus Faktor Retensi Pustakawan di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Tulungagung Tahun 2015. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/17409/2/1320012032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
Jackson, & Mathis. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.
Puspitasari, R. (2015). Retensi Pustakawa: Studi Kasus Faktor Retensi Pustakawan di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Tulungagung Tahun 2015. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/17409/2/1320012032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
Pohan, A. H. (2010). Be Smart Leader : Rahasia Dibalik Kesuksesan CEO dan Manajer Hebat. Yogyakarta: Pustaka Grhatama.
William, & Werther. (1996). Human Resource and Personnel Management. New York: Mc Graw-Hill.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.