Manajemen Retensi Pustakawan (Studi Kasus Pada Pustakawan Universitas Pekalongan)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.1829

Abstract

Pendahuluan: Pustakawan menjadi aset utama sebuah perpustakaan untuk keberlangsungan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Namun dewasa ini beberapa perpustakaan di dunia mengalami kendala yang sama, yaitu berkenaan dengan cara mempertahankan the best employee yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen retensi pustakawan yang ada di Universitas Pekalongan. Metode: penelitian ini menggunakan kualitatif pendekatan studi kasus. Informasi yang diteliti berjumlah empat orang. Hasil: Faktanya kepala perpustakaan tersebut bukanlah pegawai yang memiliki masa kerja terlama. Berdasarkan penuturannya menjabat kepala perpustakaan ini disebabkan karena tidak ada pilihan lain, dalam artian sebelumnya perpustakaan ini dipimpin oleh pegawai yang berlatar pendidikan non-perpustakaan. manajemen pustakawan menjadi prioritasnya Informan NM juga memberikan beberapa treatment khusus kepada pustakawan ketika ada lembur, seperti makan bersama dan memberikan uang lemburan. Disamping itu juga NM menyempatkan untuk mengadakan family gathering khusus pegawai perpustakaan. Kesimpulan: Pada perpustakaan Universitas Pekalongan menerapkan beberapa kegiatan sebagai cara memanajemen pustakawannya, diantaranya yakni family gathering, memberi uang lemburan dan makan bersama pada momen tertentu. Kenyamanan dalam bekerja dan memiliki space antara kehidupan pribadi serta kehidupan bekerja merupakan salah satu faktor retensi yang dapat menjadikan pegawai betah untuk terus bertahan di perpustakaan tersebut

References

Bothmer, J. (2004). Recruitment and Retention at the Creighton University Libraries. USA: Nebraska Library Association.
Das, B. L., & Baruah, M. (2013). Employee Retention: A Review of Literature. IOSR Journal of Business and Management, 08-16.
Fitzenz. (1997). It's costly to lose good employees. Workforce.
Hermawan, R., & Zen, Z. (2006). Etika Kepustakawanan. Jakarta: Sagung Seto.
Ang, L., & Buttle, F. (2006). Customer retention management processes: A quantitative study. European Journal of Marketing, 40(1/2), 83–99. https://doi.org/10.1108/03090560610637329
Chhabra, N. L., & Mishra, A. (2008). Talent Management and Employer Branding: Retention Battle Strategies. ICFAI Journal of Management Research, 7(11), 50–61. Retrieved from http://search.ebscohost.com.ezproxy.liv.ac.uk/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=35765718&site=eds-live&scope=site
Jogulu, U. D. (2010). Culturally‐linked leadership styles. Leadership & Organization Development Journal, 31(8), 705–719. https://doi.org/10.1108/01437731011094766
Johnson, R. (2007). Employee Retention. Supply House Times, 50(9), 80. https://doi.org/10.1145/1376142.1376139
Luzius, J., & Ard, A. (2006). Leaving the Academic Library. Journal of Academic Librarianship, 32(6), 593–598. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2006.06.004
Mannan, E. F. (2010). Retensi pustakawan : Studi Kasus Pustakawan Sekolah di Surabaya. Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/133053-T 27870-Retensi pustakawan-Analisis.pdf
Puspitasari, R. (2015). Retensi Pustakawan: Studi Kasus Faktor Retensi Pustakawan di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Tulungagung Tahun 2015. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/17409/2/1320012032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
Jackson, & Mathis. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.
Puspitasari, R. (2015). Retensi Pustakawa: Studi Kasus Faktor Retensi Pustakawan di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Tulungagung Tahun 2015. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/17409/2/1320012032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
Pohan, A. H. (2010). Be Smart Leader : Rahasia Dibalik Kesuksesan CEO dan Manajer Hebat. Yogyakarta: Pustaka Grhatama.
William, & Werther. (1996). Human Resource and Personnel Management. New York: Mc Graw-Hill.

Downloads

Additional Files

Published

2020-04-28

How to Cite

Ridlo, M. R. (2020). Manajemen Retensi Pustakawan (Studi Kasus Pada Pustakawan Universitas Pekalongan). Publication Library and Information Science, 3(2), 75–79. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.1829

Issue

Section

Articles