PERAN PUSTAKAWAN DALAM MEMBANTU KUALITAS ACADEMIC WRITING MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMADIYAH YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v9i1.11113Abstract Penelitian ini mengkaji peran pustakawan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas academic writing mahasiswa. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pustakawan telah berkembang menjadi fasilitator utama yang menyediakan lima modul pembelajaran literasi informasi yang telah melayani 495 mahasiswa dari berbagai program studi. Pustakawan menerapkan pendekatan konsultatif yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik tiap bidang keilmuan, dengan integrasi teknologi dan AI yang menekankan etika akademik. Program ini terbukti berdampak positif terhadap kualitas academic writing mahasiswa, meskipun masih menghadapi tantangan bahasa dan kesenjangan teknologi. Penelitian ini membuktikan perpustakaan perguruan tinggi berperan aktif sebagai pusat pembelajaran yang berkontribusi pada peningkatan kualitas lulusan melalui pengembangan keterampilan penulisan akademik.
References
Andayani, U. (2017). Pustakawan akademik sebagai mitra riset di perguruan tinggi. Al Maktabah, 15(1), 29–40. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4712
Bell, J.Steven, J. S. (2004). The blended librarian librarians. College & Research Libraries News, August.
Ganggi, R. I. P. (2019). Pustakawan sebagai Profesi yang Berkembang: Pemaknaan Kembali Peran Pustakawan terhadap Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan. Anuva, 3(4), 399–409. https://doi.org/10.14710/anuva.3.4.399-409
Harahap, D. R. S. (2024). Peran Pustakawan di Perguruan Tinggi Sebagai Partner Riset dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna. Media Informasi, 33(1), 50–59. https://doi.org/10.22146/mi.v33i1.6350
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); 1st ed.). Wal Ashri.
Istiarni, A. (2021). Peran Pustakawan Sebagai Mitra Pendamping Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Media Pustakawan, 28(2), 123–131.
Juniarti, Y. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593
Libraries, T. A. of C. and R. (2016). Framework for Information Literacy for Higher Education.
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 851–858. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863
Mckinney, P., & Wheeler, E. (2015). Are librarians teachers ? Investigating academic librarians ’ perceptions of their own teaching roles. Journal of Information Literacy, 9(2).
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf
Qurotianti, A. (2020). Penerapan Blended Librarian di Era Digital ( Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ). 6(1). https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i1.
Rhoni Rodin, Heri Junaidi, A. M. (2024). PUSTAKAWAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM MENGHADAPI ERA MILLENIAL. PUBLIS JOURNAL, 8(2), 95–122.
Rosalia, D. R., & Masruri, A. (2024). Peningkatan Literasi Informasi Melalui Seminar Pengenalan Artificial Intelligence dan Ragam Research Tools dalam Penulisan Karya Ilmiah di Perpustakaan STIPRAM Yogyakarta. Jurnal Adabiya, 26(1), 55. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21328
Santi Pratiwi Tri Utami, Andayani, Retno Winarni, S. (2023). Utilization of artificial intelligence technology in an academic writing class : How do Indonesian students perceive ? CONT ED TECHNOLOGY, 15(4).
Umi Sholihah, F. E. W. (2018). Strategi Mengajar Academic Writing Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Widya Dharma Klaten. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2), 52–60. https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2261
Wiratningsih, R. (2020). Pustakawan Akademik Dalam Pendampingan. Libraria : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 41–53. https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/83
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.