PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Penulis

  • Wiryanto Wiryanto Universitas Negeri Surabaya
  • Adita Dwi Safirah Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • M. Sulthon Masyhud Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.24269/silogisme.v10i1.12082

Abstrak

Siswa saat ini mengalami penurunan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Hal ini dipicu karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan mengintegrasikan budaya lokal ke dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa sulit untuk memahami dan mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah true experiment dengan posttest-only control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gununggangsir 1 Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan independent sample t-test. Hasil rata-rata nilai post-test kelompok kontrol sebesar 53.63, sedangkan kelompok eksperimen sebesar 83.5. Analisis data dengan independent sample t test menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (10,246 > 1,671) dan nilai Sig. 2-tailed 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekaligus menghargai keberagaman budaya mereka. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching di berbagai jenjang pendidikan dan konteks budaya yang lebih beragam.

Referensi

Aisah, D. N., Munandar, K., Wadiono, G., & Jannah, S. R. (2023). Increasing Students’ Creative Thinking Through Differentiated Learning with an CRT-Integrated PjBL Model. Bioeduca : Journal of Biology Education, 5(2), 35–42. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v5i2.17299
Akhmad, M. A., Mustari, M., Putra, M. A., Arif, T. A., Fadollah, I., & Sila, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–355. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1462
Amran, Nehru, Olahairullah, & Suryani, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2313
Arief, H., & Saman, S. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 80–89. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1235
Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351
Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Erina, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2012–2022. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2044
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1994
Jenah, R., Wahdah, N., & Syar, N. I. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Secara Daring Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 6(2), 178–184. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/680
Laksmita, R. (2019). Upaya untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Kontekstual dengan Model Learning Community. Journal of Education Action Research, 3(2), 167. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17274
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Nuraeni, C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri Ciputih 01. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 607. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54366
Porter, P. D. (2021). Using Culturally Responsive Teaching and Data-Driven Instruction in Mathematics to Create Equity and Equality. In Research Anthology on Culturally Responsive Teaching and Learning (pp. 793–817). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-9026-3.ch043
Putra, W. P., Gunamantha, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Pengembangan e-lkpd hots dalam meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran ipa sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 169–180. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2177
Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan : Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.94
Romadhoni, K., Hasanah, K., & Adi, P. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3790–3803. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8413
Rosdianwinata, E., Rifa’i, R., Sutihat, S., & Suryani, N. (2022). Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantu QR Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 58–65. https://doi.org/10.30653/003.202281.212
Safirah, A. D., & Abdillah, M. I. (2024). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sd. ARSEN : Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(2), 102–109. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.3119
Safirah, A. D., Nasution, N., & Dewi, U. (2024). Analysis of the Development Needs of HOTS-Based Electronic Student Worksheets with Culturally Responsive Teaching Approach in Elementary Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 243–256. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.533
Salma, I. M., Eurika, N., & Wulandari, F. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Kelas XI MIPA 6 dengan PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching Di SMAN Balung. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 220–230. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1267
Sarimuddin, Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI IPA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864
Setiana, F., Rahayu, T. S., & , W. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS IV SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 8. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14
Shochib, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI RUANG. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 20. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24495
Sumanti, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 45–50. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.207
Suprihatin, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 030 Bagan Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 62–66. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1785
Suwarningsih, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Cooperatif Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas I SD Negeri 1 Seraya Barat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 580–593. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1466
Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463
Wiyani, N. A. (2022). Merdeka Belajar untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pancasila pada Lembaga PAUD. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.3782

Diterbitkan

2025-10-30

Terbitan

Bagian

Artikel