ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SD/MI DALAM MATERI BANGUN RUANG

Risma Firda Diana* -  , Indonesia
Nur Fathiyah -  STAI Al Fithrah Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v8i2.7814

Keterampilan pemecahan masalah matematis memungkinkan siswa untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan kritis dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana siswa SD/MI memecahkan masalah matematika dalam  materi bangun ruang berdasarkan Langkah Polya. Siswa kelas 6A MI Darut Tauhid Surabaya dijadikan sebagai sumber informasi dalam penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif ini. Tes pemecahan masalah, wawancara, serta dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, (1) persentase kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 6A MI Darut Tauhid Surabaya berkategori tinggi yaitu sebesar 64%, berkategori sedang sebesar 28 %, dan berkategori rendah sebesar 8% (2) siswa berkemampuan tinggi dapat menjalankan 4 langkah pemecahan masalah Polya dengan sangat baik, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali Sedangkan siswa berkemampuan sedang hanya mampu melalui 3 tahapan polya dan masih kurang teliti dalam memeriksa kembali, serta siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu melaksanakan tahap memahami masalah dan kurang mampu menjalankan langkah-langkah polya berikutnya.

Supplement Files

Keywords
Analyze; Problem Solving; Elementary Student; Solid Shapes
  1. Dadakhon, T., & Sabohat, A. (2022). Developing Creative Thinking through Primary School Students Solving Problems. European Multidisciplinary Journal of Modern Science, 6, 71–76.
  2. Diana, R. F. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i1.57
  3. Diana, R. F., & Nurdianah, L. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU SD/MI. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), Article 4. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6023
  4. Ibrokhimovich, F. J., & Qizi, A. M. F. (2022). Teaching Mathematics in Elementary School: Issues and Solutions. Eurasian Journal of Learning and Academic Teaching, 4, 84–87.
  5. Lusiana, N. T., Lukito, A., & Khabibah, S. (2018). Students’ Self-Monitoring on Mathematics Ability: Cube and Cuboid Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 012060. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012060
  6. Masjaya, M., & Wardono, W. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
  7. Munaji, & Setiawahyu, M. I. (2020). PROFIL KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP DI KOTA CIREBON BERDASARKAN STANDAR TIMSS | Munaji | Teorema: Teori dan Riset Matematika. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3732
  8. Nadhifa, Nuraini, Maimunah Maimunah, and Yenita Roza. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 63–76. doi: 10.25217/numerical.v3i1.477.
  9. Purba, D., Nasution, Z., & Lubis, R. (2021). PEMIKIRAN GEORGE POLYA TENTANG PEMECAHAN MASALAH. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2204
  10. Purnomo, D. D. (2021). Pola dan Perubahan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
  11. Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. International Journal of Elementary Education, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887
  12. Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
  13. Romika, R., & Amalia, Y. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN TEORI VAN HIELE. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), Article 2. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/35
  14. Rosita, I., & Abadi, A. P. (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA. Prosiding Sesiomadika, 2(1d), Article 1d. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2452
  15. Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. PARADIKMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22944
  16. Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah | Sumartini | Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_12

Full Text: Supp. File(s):
Statement of Authenticity of Scientific Work
Subject
Type Other
  Download (71KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2023-09-04
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: