PENGEMBANGAN ENGLISH MATH FOR YOUNG LEARNER BASED ON NATURE (EMYLBON) SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Betty Yulia Wulansari -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ana Maghfiroh -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
arta ekayanti* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI : 10.24269/silogisme.v7i2.6299

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan lembaga pendidikan yang membutuhkan banyak inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran ini bertujuan untuk membentuk suasana belajar yang menyenangkan sesuai dengan karakter belajar anak. Pembelajaran yang dilaksanakan digunakan untuk mengembangkan enam aspek kemampuan anak meliputi kognitif, bahasa, nilai agama dan moral, fisik motorik, sosial emosional, dan seni. Salah satu pembelajaran yang sering menjenukan anak adalah baca tulis hitung atau dikenal dengan calistung. Proses pembelajaran konvensional tradisional sering digunakan pendidik tanpa melihat karakter belajar anak melalui kegiatan bermain. Sehingga muncul kalimat di PAUD tidak boleh diberikan calistung. Padahal yang tidak boleh bukan calistungnya melainkan bagaimana metode pembelajaranya seharusnya melalui bermain. Dari permasalahan ini maka kemudian peneliti mengembangkan English Math For Young Learner Based On Natute (EMYLBON). EMYLBON adalah materi pengenalan kosakata Bahasa Inggris dalam pembelajaran matematika untuk pendidikan anak usia dini menggunakan bahan berbasis alam. Pengembagan EMYLBON ini diharapkan dapat memberikan inovasi pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kemampuan kognitif meliputi hafalan kosakata, angka, dan kepedulian terhadap alam dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan. Luaran penelitian ini adalah Buku ISBN: EMYLBON, artikel jurnal nasional Silogisme Sinta 3. TKT yang diusulkan dalam penleitian ini masuk dalam TKT 4 yaitu validasi komponen dan elemen Riset
  1. Bulan, Janres Kohanes. (17 Desember 2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Merupakan Investasi Masa Depan Anak Bangsa. Kupang: BPPAUDDIKMAS NTT. Diunduh tanggal 16 Maret 2022 di https://bppauddikmasntt.kemdikbud.go.id/index.php/11-artikel/71-pendidikan-anak-usia-dini-paud-merupakan-investasi-masa-depan-anak-bangsa
  2. Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Anak Usia Dini Per Provinsi. Diunduh tanggal 6 Februari 2022 pada https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php
  3. Kemendikbud. (2014). Peratururan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014 tentang Pendidikan Anak Usia Dini
  4. Kemendikbud. (2014). Peratururan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
  5. Khairani, Ade Irma. 2016. Pendidikan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
  6. Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Padang: UNP Press
  7. Wahyuningsih, dkk. (2016). Bahan Ajar untuk Guru: Cerdas Bermain Matematika. Bandung: PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat
  8. Wulansari Betty Yulia. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Dimensi Volume 5 No 2. Diunduh tanggal 16 Maret 2022 di http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/575

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-12
Published: 2022-12-31
Section: Artikel
Article Statistics: