ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Miftahul Sugiharnik* -  , Indonesia
Nur Fauziyah -  Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
Wahyu Anita Nurdiana -  SMPN 18 GRESIK, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v9i2.9166

Kemampuan komunikasi matematis menjadi suatu kemampuan sangat penting untuk dikuasai peserta didik, menjadi satu konten yang diujikan pada tes PISA. Selain itu, kemampuan ini juga berperan penting dalam proses pembelajaran. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi peluang ditinjau dari gaya belajar visual, audio, dan kinestetik. Subjek penelitian ini adalah satu subjek visual, satu subjek audio, dan satu subjek kinestetik pada kelas VIII dengan batasan berkemampuan matematika sama yaitu berkemampuan tinggi. Kriteria pemilihan subjek berdasar pada hasil kriteria angket gaya belajar, nilai sumatif, dan rekomendasi dari guru matematika. Temuan memperlihatkan bahwa subjek yang memiliki gaya belajar visual, audio, dan kinestetik berkemampuan yang sama baik mampu dalam menggunakan tulisan untuk mengekspresikan persoalan atau ide matematika, menggunakan tabel, diagram, atau grafik sebagai bentuk untuk menyatakan persoalan atau ide matematika secara visual, dan menggunakan bahasa sendiri untuk menginterpretasikanpersoalan atau ide matematika, serta menyimpulkan pernyataan matematika. Subjek visual dan audio mampu menyampaikan ide matematika menggunakan simbol, istilah, atau notasi matematika. Sedangkan subjek kinestetik kurang dalam menyampaikan ide matematika melalui simbol, istilah, atau notasi matematika

Supplement Files

Keywords
learning styles, Mathematical communication skills, Probability
  1. Diyastanti, A., Utami, R. E., Rasiman, & Suprihatin. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Belajar. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 107–119. https://doi.org/. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.660
  2. Febriyanti, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 28–32. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.37152
  3. Hidayah, N., Subarinah, S., Turmuzi, M., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open – ended ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa SMAN 1 Terara Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1),
  4. –849. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1330
  5. Hidayati, A. D., Hendrastuti, Z. R., & Franita, Y. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 13 Magelang Ditinjau Dari Gaya Belajar Bobbi Deporter. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 176–183. https://doi.org/10.30738/union.v11i2.13112
  6. Lestari, E. P., & Lestari, N. P. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2501–2516. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2315
  7. Lubis, R. N., & Rahayu, W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 65–77. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23087
  8. Musdi, E., Syaputra, H., Arnellis, & Harisman, Y. (2023). Students’ Mathematics Communication Behavior: Assessment Tools and Their Application. Journal on Mathematics Education, 15(1), 317–338. https://doi.org/10.22342/jme.v15i1.pp317-338
  9. Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4380
  10. Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2).
  11. Sari, S. I., & Yuberta, K. R. (2022). Analysis of Mathematical Communication Ability in Terms of Student’s Numerical Ability. Rangkiang Mathematics Journal, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.24036/rmj.v1i2.7
  12. Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
  13. Sumarni, Adiastuty, N., Riyadi, M., Nisa, D. K., Restu, A. M., & Lestari, I. T. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Mengerjakan Soal Pisa Uncertainty and Data Content. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 725–738. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6426
  14. Tanti, Y. R., Idris, M., & Anggraini. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pendidikan MatematikaTadulako, 7(3), 303–317.
  15. Tiumlafu, N., Babys, U., & Bien, Y. I. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.1-10

Full Text: Supp. File(s):
Surat pernyataan keaslian naskah
Subject
Type Other
  Download (1MB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-04-21
Published: 2024-12-15
Section: Artikel
Article Statistics: