GAYA BELAJAR KOLB DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LA TANSA MASHIRO
DOI : 10.24269/silogisme.v9i1.8720
Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi perbedaan dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa dengan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif dalam konteks gaya belajar David Kolb menggunakan metode pembelajaran dosen. Pendekatan dalam penelitian ini adalah mixed research jenis sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester 3 sebanyak 81 mahasiswa. Sampel dipilih melalui teknik puposive random sampling (program kelas reguler dan kelas nonreguler). Data kuantitatif melalui hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket gaya belajar mahasiswa yang diadaptasi dari KLS. Analisis data kuantitatif menggunakan uji ANOVA dua jalur. Sedangkan penelitian kualitatif menggunakan desain deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh hasil observasi, wawancara dan catatan lapangan. Temuan meliputi: 1) adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara mahasiswa program kelas reguler dan nonregular, 2) perbedaan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis antara mahasiswa dengan gaya belajar berdasarkan David Kolb, dan 3) interaksi antara program kelas (unggulan dan reguler) dan gaya belajar berdasarkan David Kolb terkait kemampuan pemecahan masalah matematis di Universitas La Tansa Mashiro. Gaya belajar accommodator/akomodasi cenderung efektif dengan metode pemecahan masalah, sementara converger/penemu lebih sesuai dengan metode prosedural dan diskusi. Problem-Based Learning dianggap metode efektif, di mana masalah dunia nyata digunakan sebagai konteks untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan pemikiran kritis mahasiswa serta memperoleh pengetahuan esensial
- Aprianti, B. D., Sucipto, L., Riska, K., & Kurniawati, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356(3), 289–296. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i3.2662
- Arikunto, S. (2016). Prosedur. Penelitian. Pendekatan. Praktik. PT. Rineka. Cipta.
- Azrai, E. P., & Sulistianingrum, E. G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accomodator) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.2
- Degeng, N. S. (2012). Ilmu Pembelajaran, Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Aras Media.
- Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928
- Hanalia, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematais Melalui Pembelajaran Model Elicting Activities ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII. Universitas Negeri Semarang.
- Kablan, Z., & Uğur, S. S. (2021). The Relationship between Routine and Non-Routine Problem Solving and Learning Styles. Educational Studies, 47(3), 328–343. https://doi.org/10.1080/03055698.2019.1701993
- Kolb, D. A., & Kolb, A. Y. (2014). The Kolb Learning Style. Inventory-Version. 4.0. http://www.learningfromexperience.com/images/uploads/process-of-experiential-learning.pd
- Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Pembelajaran Daring. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 37–47. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i2.8405
- Mahayukti, G. A., Candiasa, I. M., & Kumalasari, N. M. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika (SENATIK), 274–286.
- Mufidah, L. (2017). Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(2), 240–265. https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245
- Noer, U. (2016). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Terhadap Model dan Strategi Pembelajaran Dosen. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 110–125. https://doi.org/10.35905/ALISHLAH.V14I2.391
- Oktonawiati, W., Taufik, A., & Nurhayati, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gaya Belajar D. Kolb. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 410–421. https://doi.org/10.15294/kreano.v14i1.40463
- Pakpahan, S. P. (2011). Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mahasiswa Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh Medan. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 12(1), 49–65.
- Polya, G. (1973). How to Solve It. Princeton University Press.
- Ratnaningsih, N., Hidayat, & Santika, S. (2019). Mathematical Problem-Solving Skills of Students Based On The Kolb Learning Style Through Creative Problem-Solving Learning. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(1), 177–186. https://doi.org/10.15294/kreano.v14i1.40463
- Soraya, K., Martasari, R., & Nurhasanah, S. A. (2020). Profil Gaya Belajar (David Kolb) di SMA Swasta Tasikmalaya dalam Mata Pelajaran Biologi. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1198
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (27th ed.). Alfabeta.
- Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.
- Wahyuddin, W. (2016). Gaya Belajar Mahasiswa: Studi di Program Pascasarjana IAIN SMH Banten. Jurnal Al Qalam, 33(1), Jurnal Al Qalam.
- Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132.
- Widyaningsih, E., & Chasanah, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Terhadap Soal Cerita SPLDV ditinjau dari Gaya Belajar. MATHLOCUS : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.2315
- Winarso, W. & Toheri. (2021). An Analysis of Students’ Error in Learning Mathematical Problem Solving; the Perspective of David Kolb’s Theory. TURCOMAT : Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(1), 139–150. https://doi.org/10.16949/turkbilmat.753899
- Yulianto, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pengguna Platform Digital Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Kritis Siswa di MA Daar El Qolam. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics, 5(1), 107–128.
- Yulianto, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Se-Kabupaten Tangerang Berdasarkan Tahapan Polya. GEOMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i1.871