PENGARUH CROSSWORD PUZZLE MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN HABITS OF MIND MATEMATIS SISWA

Muhammad Yani* -  , Indonesia
Nailul Authary -  Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
Nazariah Nazariah -  Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
Annisa Azkia -  Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v7i2.6029

Nilai rata-rata nasional untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) matematika tingkat SMP/MTs tiga tahun terakhir (2017, 2018, dan 2019, di mana tahun 2020, 2021, dan 2022 UNBK ditiadakan) masih berkisar 50 ke bawah yang mengindikasikan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih rendah. Sedangkan Habits of Mind (HoM) matematis adalah salah satu kemampuan afektif yang merupakan faktor pendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh crossword puzzle matematika terhadap kemampuan pemahaman matematis dan tingkat habits of mind matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods dengan populasi seluruh siswa kelas IX MTsN ModelĀ  Banda Aceh. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga siswa kelas IX-2 terpilih sebagai sampel. Selanjutnya data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman matematis dan angket HoM matematis yang telah divalidasi isi dan konstruk oleh pakar, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t melalui SPSS dan skala Likert. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh crossword puzzle matematika terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa; dan (2) tingkat Habits of Mind (HoM) matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media crossword puzzle matematika dalam kategori sangat baik. Media crossword puzzle matematika tidak hanya dapat didesain dengan menggunakan butir pertanyaan-pertanyaan, namun dapat juga didesain dalam bentuk butir gambar, seperti gambar bidang datar, bangun ruang, dan lainnya.

Keywords
Mathematical Comprehension Ability, Crossword Puzzle, Habits of Mind
  1. Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Arimurti, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459-470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.459
  3. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Kemendiknas.
  4. Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3 (1), 1-7. DOI: 10.24269/js.v3i1.936
  6. Dwirahayu, G. Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits Of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (JPPM), 11(2), 91-104. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757
  7. Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 3(1), 32-36. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1335
  8. Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika, Cet. I, Yogyakarta: Tugu Publisher.
  9. Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
  10. Kusuma, E. D. (2021). Pengembangan Media Crossword Puzzle Berbasis HOTS pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar,5(1),257-270. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.223
  11. Malasari, P. N., Herman, T., & Al-Jupri. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153-154. http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361
  12. Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Infinity, 3(2), 174-188. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.p174-188
  13. Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Antara yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 441- 450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.332
  14. Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39-46. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6346
  15. Qadarsih, N. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits of Mind) terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal SAP, 2(2), 181-185. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i2.2091
  16. Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Rohman, T., Surachmi, S.W., & Murtono. (2021). Pengaruh Model Think Pair Share dan Media Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Ngembalrejo Bae Kudus. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(6), 1544-1549. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8341
  18. Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Media Group.
  19. Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII TKB Mandiri Montong Buwuh II Melalui Media Pembelajaran Crossword Puzzle. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 1-11.
  20. Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
  21. Warmi, A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 297- 306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.384

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-10-21
Published: 2022-12-31
Section: Artikel
Article Statistics: