DEVELOPMENT OF A TWO-TIER MULTIPLE-CHOICE (TTMC) DIAGNOSTIC TEST FOR GEOMETRY MATERIALS TO IDENTIFY MISCONCEPTIONS OF MIDDLE SCHOOL STUDENTS

Mohammad Syaifuddin* -  Universitas Muhammadiyah Malang
Rani Darmayanti -  Universitas Muhammadiyah Malang
Nopia Rizki -  Universitas Muhammadiyah Malang

DOI : 10.24269/silogisme.v7i2.5456

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat instrumen diagnostik two-tier yang dapat mendeteksi miskonsepsi siswa tentang materi segitiga dan segiempat. Metode deskriptif digunakan untuk membuat instrumen dari bahan segitiga, sedangkan metode R&D digunakan untuk membuat instrumen dari bahan segi empat. Validitas dan reliabilitas instrumen diagnostik two-tier dievaluasi. Uji validitas instrumen menunjukkan bahwa 8 soal dari 10 soal materi segitiga dan 7 soal dari 10 soal materi segi empat dinyatakan valid. Instrumen tersebut kemudian diujicobakan pada siswa SMP kelas tujuh dan delapan. Hasil tes dianalisis dan ditafsirkan untuk mengidentifikasi kesalahpahaman. Berdasarkan temuan penelitian ini, miskonsepsi siswa tentang materi segitiga antara lain mengidentifikasi jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi dan besar sudut, serta menentukan tinggi segitiga yang menyebabkan mereka salah menghitung luas segitiga. Kesalahpahaman tentang materi segi empat di kalangan siswa termasuk indikator teoritis untuk mendefinisikan segiempat dan jajaran genjang.

Keywords
Diagnostic test; Geometry; Misconception; Two-tier
  1. Andrade, H. L. (2019). A Critical Review of Research on Student Self-Assessment. Frontiers in Education, 4(August), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00087
  2. Budiarto, M. T., Khabibah, S., Firdaus, A. M., Surabaya, U. N., & Makassar, U. M. (2020). Misconception Of Junior High School Students On Two-Dimentional Figure Materials. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(1), 1–8.
  3. Chigonga, B. (2020). Formative Assessment in Mathematics Education in the Twenty-First Century. Theorizing STEM Education in the 21st Century, 1–10. https://doi.org/10.5772/intechopen.88996
  4. Danial, D., Nurjannah, N., & Mirna, M. (2019). Evaluation of The Learning Program of Mathematics Study Program at Islamic Institute Of Muhammadiyah Sinjai. Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 65. https://doi.org/10.33477/mp.v7i1.1046
  5. Darma, I. K., Candiasa, I. M., Sadia, I. W., & Dantes, N. (2018). The effect of problem based learning model and authentic assessment on mathematical problem solving ability by using numeric ability as the covariable. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012035
  6. Fajarwati, A. N., & Hidayati, N. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Terhadap Materi Bangun Datar Segiempat. Maju, 8(1).
  7. Farida, A. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Simbol Dan Istilah Matematika Pada Konsep Hubungan Bangun Datar Segiempat Melalui Permainan Dengan Alat Peraga (SD Muhammadiyah 1 Surakarta). Jurnal Edukasi, Knpmp I.
  8. Fitriani, N., & Rohaeti, E. E. (2020). MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3267
  9. Istiyani, R., Muchyidin, A., & Rahardjo, H. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Geometri Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Cakrawala Pendidikan, 2.
  10. Jamaludin, N. H., & Maat, S. M. (2020). A Systematic Literature Review on Students Misconceptions in Mathematics. International Journal of Academic Research in Busiiness & Social Science, 1(6). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v10-i6/7273
  11. Kshetree, M. P., Acharya, B. R., & Khanal, B. (2021). Eighth Grade Students’ Misconceptions and Errors in Mathematics Learning in Nepal. European Journal of Educational Research, 10(3), 1101–1121.
  12. Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2018). Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207–231. https://doi.org/10.29333/iejme/3997
  13. Purwaningtyas, B. A., Sary, R. M., & Artharina, F. P. (2020). Analysis Of Misconceptions In Fpb And Kpk Material For Students. 4(4), 596–604.
  14. Rahayu, N. S., & Afriyansah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar Segiempat. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
  15. Raj Acharya, B. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11
  16. Sari, R. N., & In, A. (2021). Students ’ Misconception and Errors in Solving Relations and Functions Problems. 1(2), 20–28.
  17. Sartika, I., Rifat, M., & Yani, A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengungkap Sumber Miskonsepsi Berdasarkan Representasi Visual Dalam Segitiga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(12).
  18. Syaifuddin, M. (2020). Implementation of authentic assessment on mathematics teaching: Study on junior high school teachers. European Journal of Educational Research, 9(4), 1491–1502. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1491
  19. Utariningsih, U. (2018). Pengembangan tes diagnostik kognitif berkarakter HOTS matematika di sekolah menengah pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3397
  20. Walida, S. El, & Hasana, S. N. (2020). The Identification of Students ’ Misconceptions in Mathematical Induction. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(2), 50–57.
  21. Winarso, W., & Toheri, T. (2017). A Case Study of Misconceptions Students in the Learning of Mathematics ; The Concept Limit Function in High School. 4(1), 120–127.
  22. Yusron, E., & Sudiyatno, S. (2021). How is the impact of Assessment for Learning (AfL) on mathematics learning in elementary schools? Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.34865

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-07-01
Published: 2022-12-31
Section: Artikel
Article Statistics: