PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TALOG MATH BERBANTUAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8.0 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LOGARITMA KELAS X MAS SABUTUNG

Mahira Mahira* -  Universitas Islam Negeri Makassar, Indonesia
Andi Kusumayanti -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassat, Indonesia
Sri Sulasteri -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Thamrin Tayeb -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Lisnasari Andi Mattoliang -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v9i2.10149

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan serta kualitas media pembelajaran TALOG MATH berbantuan Software Macromedia Flash 8.0 pada materi logaritma ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Research and Development (R&D) adalah jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan prosedur pengembangan ADDIE. Siswa kelas X MAS Sabutung menjadi subjek penelitian. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran matematika pada materi logika matematika yang terdapat alat peraga visual dan didesain dengan menarik yang dapat dioperasikan dengan laptop dan android secara offline. Lima tahapan prosedur pengembangan ADDIE antara lain: tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Selanjutnya, hasil dari kriteria kevalidan didasarkan pada hasil validasi oleh tim validator adalah 3,79 (sangat valid). Kriteria kepraktisan didasarkan pada hasil respon guru 96,15% (sangat positif) dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran 3,89 (tinggi), kemudian dari kedua hasil analisis tersebut media memenuhi kriteria praktis. Kriteria keefektifan didasarkan pada hasil respon peserta didik 94,66% (sangat positif), pengamatan aktvitas peserta didik 87,6% (sangat baik), dan tes hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan 81,5%, sehingga dari hasil pengukuran diperoleh media memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran TALOG MATH berbantuan Software Macromedia Flash 8.0 pada materi materi logaritma layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Supplement Files

Keywords
Macromedia flash 8.0, pemahaman konsep, logaritma
  1. Arsyad. 2016. Model Pembelajaran Menumbuh Kembangkan Kemampuan Matekognitif. Makassar: Makassar: Pustaka Refleksi.
  2. Anas Sudijono.(2005).Pengantar Statistik Pendidikan.PT Raja Grafindo Pesada
  3. Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.
  4. Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
  5. Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.
  6. Handayani, H., Putra, F. G., & Yetri, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif, 16(2), 186–203. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.160
  7. Juniawan, E. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dyscalculia Dalam Menggunakan Konsep Matematis Di Lihat Dari Kesalahan Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 269–286. https://doi.org/10.54259/mudima.v1i3.251
  8. Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872
  9. Lin, T.W. & Roslin, R., 2017,'Rural school students' perception about learning Mathematics in English,' Research Journal of Applied Sciences 12(1), 148-156.
  10. Nidaul, L. (2021). Pengembangan Media Mobile Learning Appyet Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri KelasX.1–113. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10607/%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/10607/1/
  11. Nurfitriani,dkk. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan pada Kelas 3SD, Jurnal Formatif: Pendidikan MIPA, Vol. 7 ,No.1.2017.
  12. Oktavia, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. 24, 72.
  13. Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407
  14. Silpi Syamrotul Yaqin, F. T. A. M. (2022). Jurnal Pendidikan Matematika Penggunaan Alat Peraga “ T alog Math” dalam Pembelajaran Matematika. 1, 28–32.
  15. Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
  16. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  17. Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 195-210. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12598.

Full Text: Supp. File(s):
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika TALOG MATH Berbantuan Software Macromedia Flash 8.0 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Logaritma Kelas X MAS Sabutung
Subject Macrromedia flash 8.0, pemahaman konsep, logaritma , ADDIE
Type Research Results
  Download (1MB)    Indexing metadata
Surat pernyataan keaslian naskah
Subject
Type Other
  Download (244KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-08-20
Published: 2024-12-15
Section: Artikel
Article Statistics: