ANALISIS KESULITAN YANG DIALAMI SISWA SMP PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT
DOI : 10.24269/js.v3i1.940
Berpikir kreatif adalah akivitas mental yang terkait dengan kepekaan terhadap masalah, mempertimbangkan informasi baru dan ide-ide yang tidak biasanya dengan suatu pikiran terbuka serta dapat membuat hubungan-hubungan dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah tingkat kemampuan berpikir matematis yang meliputi komponenn keaslian, elaborasi kelancaran dan keluwesan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa SMP pada kemampuan kreatif matematis pada bahasan segitiga dan segiempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek terbatas yaitu sebanyak 5 orang siswa SMP di kota Bandung, dengan perincian 2 orang kelas VIII dan 3 orang kelas IX. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebanyak lima soal beserta wawancara langsung terhadap siswa terhadap pekerjaannya. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwasannya kemampuan berpikirkreatif matematis siswa SMP di Kota Bandung masih kurang. Untuk selanjutnya hasil penelitian ini akan digunakan sebagai dasar penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis di tingkat SMP.
Supplement Files
Subject | Berpikir Kreatif Matematis, Segitiga dan Segiempat, Kualitatif Deskriptif |
Type | Analisis Data |
Download (1MB) Indexing metadata |