PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA
DOI : 10.24269/silogisme.v9i1.9046
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan karakteristik media pembelajaran alat peraga papan trigonometri (PANTRIGON) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes kemampuan pemahaman konsep. Validitas media yang dikembangkan memperoleh nilai 3,73 (sangat valid). Kepraktisan dengan observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,84% (tinggi) dan respon guru sangat positif dengan rata-rata persentase 93,75% dari kedua hasil analisis tersebut, sehingga media memenuhi kriteria praktis. Sedangkan kriteria keefektifan diperoleh dari hasil analisis observasi aktivitas peserta didik yaitu 77,5% dengan kategori baik, respon peserta didik terhadap media memberikan respon sangat positif dengan persentase 90,1%, dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep menunjukkan persentase 84% dengan kategori baik sekali, sehingga kriteria keefektifan terpenuhi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan alat peraga papan trigonometri layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.
Supplement Files
- Alawiyah, T. (2022b). Penerapan Alat Peraga Tangan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe. Ar-Riyadhiyyat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 57–63.
- Albany, D. A., Azzahra, F., Muhtasya, F., Zulkardi, Hapizah, Mulyono, B., & Meryansumayeka. (2022). Pengembangan Alat Peraga PATOLOGI (Papan Tol Logika) pada Materi Pernyataan Majemuk. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.159-168
- Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
- Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 364–370.
- Arif, M. (2017). Pemodelan Sistem. Deepublish.
- Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkankembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251
- Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
- Ibad, S. (2020). Manajemen Tata Ruang Kota :Konteks Kewenengan Badan Perencanaan Pembangunan Kota Dalam Perencanaan, Kordinasi, dan Pengendalian Tata Ruang Kota. Barcode , 2020.
- Irfan, A. M., Asfar, T., Nur, A., Iqbal, A. M., Asfar, A., & Kasmawati, A. (2020). Model Pembelajaran Gold (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery). CV Jejak (Jejak Publisher).
- Jauhari, H. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika BerbantuanKomputer Dengan Pendekatan Kontrutivisme pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Kubus dan Balok Untuk Peserta Didik SMP Kelas VIII Malang. Universitas Negeri Malang.
- Kaka, N. L., & Mandailina, V. (2022b). Pengembangan Alat Peraga Roda Pintar sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri. 2, 251–259.
- Laili, L. N., Wati, M. S., Ramadhianti, S. A., & Subiyantoro, S. (2019). Pengembangan Puzzle Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 101–107.
- Muhyi, M. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press.
- Nasaruddin. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30.
- Nuriyawati, I. W., Robandi, B., & Iriawan, S. B. (2019). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman. JPGSD : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 432–443. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.23561
- Pranata, E. (2016). Impelementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI : Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34–38.
- Razzaq, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Laboratorium Mini Untuk Siswa SMP Kelas VIII SMP. Universitas Negeri Makassar.
- Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self- Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 275–290.
- Russefendi, E. T. (2005). Dasar- dasar Penelitian dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. CV. IKIP Semarang Press.
- Sachdeva, S., & Eggen, P. O. (2021). Learners’ Critical Thinking About Learning Mathematics. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 16(3). https://doi.org/10.29333/iejme/11003
- Sari, D. P., Isnurani, I., Rahmat, U., Sari, N., & Aditama, R. (2020). Penerapan Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. JPMM : Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, 2(2), 134–140.
- Sugiyono. (2015). Ebook Metode Penelitian.
- Suhaemi, A., Asih, E. T., & Handayani, F. (2020). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar IPS SD. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 4(1), 36–45. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.36-45
- Tajudin, M., Anas, A. S., Amrullah, A. Z., Adil, A., & Ardi, R. F. P. (n.d.). Penerapan Metode ADDIE Dalam Pengembangan Aksara Sasak Baluk Olas (Delapan Belas) Berbasis Game. 129–134.
- Usman, M. R. (2020). Pengembangan Alat Peraga Papan Al- Sintacs Materi Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Galesong Baru. Delta-Pi : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 248–259.
Subject | Teaching Aids, Understanding Concepts, Trigonometry, ADDIE |
Type | Research Results |
Download (1MB) Indexing metadata |