ANALISIS BUTIR SOAL PADA TES SELEKSI PERANGKAT DESA BERBASIS COMPUTER ASISSTED TEST (CAT) SEBAGAI BENTUK PROSES EVALUASI

Ellisia Kumalasari* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Jamilah Karaman -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Dyah Mustikasari -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Fajar Kurniawan -  SMKN 1 Slahung Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v7i1.5678

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Tes Seleksi Perangkat Desa yang dilaksanakan di Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal-soal tes yang dipakai di beberapa desa di Kabupaten Magetan. Soal-soal ini dibuat dan dirumuskan oleh Tim Pembuat Soal dibawah naungan LPPM Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Soal-soal Tes Seleksi Perangkat Desa ini dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, Tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan program Anates versi 4.0.9. Dari hasil pengolahan data didapatkan hasil bahwa soal-soal Tes Seleksi Perangkat Desa tersebut menunjukkan terdapat 94% (141 soal) berkategori valid dan 6% (9 soal) kategori tidak valid. Reabilitas soal tinggi dengan ditunjukkannya koefisien reabilitas sebesar 0,85. Untuk tingkat kesukaran soal menunjukkan 34% (51 soal) berkategori mudah, dan 49% (49 soal) berkategori sedang, serta untuk soal berkategori sukar hanya sebesar 17% (25 soal). Jika dilihat dari daya pembeda soal, terdapat 18% (27 soal) memiliki daya pembeda yang baik, 58% (87 soal) berkategori daya pembeda sedang, 20% (30 soal) berkategori daya pembeda jelek dan terdapat 4% (6 soal) dengan kategori daya pembeda sangat jelek. Sedangkan untuk analisis fungsi pengecoh didapatkan data sebanyak 64% (96 soal) memiliki pengecoh yang baik, 30% (45 soal) memiliki pengecoh yang sedang sehingga perlu direvisi, dan terdapat 6% (9 soal) dengan pengecoh yang buruk sehinggal soal ini perlu diganti
Keywords
analysis, items, CAT, reliability, validity
  1. Agustiana, Mega dkk. (2018) Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi Vol 11 No 1 Juni 2018.
  2. Aliyadi,dkk.(2021).Tes Calon Perangkat Desa Berbasis Computer Assisted Test (CAT).Jurnal Cipta Media Harmoni, Kontribusi Vol 1 No 2 Mei 2021.
  3. Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII Sma Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).
  4. Anwar, C. 2017, Teori – teori Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod.
  5. Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif
  6. Fitrianawati, M. (2017). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik
  7. Karaman, Jamilah dkk. (2021). Pelaksanaan Ujian Tes Sekretaris Desa Di Desa Wilangasri dengan Menggunakan
  8. Computer Assisted Test. JMM (Jurnal Masyarakat Merdeka) Vol 4 No 1, Mei 2021.
  9. Kumalasari, Ellisia. (2016). Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan
  10. menggunakan metode drill dan ekspositori. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika (JP3M) vol 2 no 1 Maret 2016.
  11. Kumalasari, Ellisia. (2016). Analisis Faktor Kesulitan Terhadap Kesalahan Penyelesaian Soal
  12. Persamaan linier Berdasarkan Klasifikasi Taksonomi Bloom (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Teknik Informatika 2015/2016). JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika) Vol 2 No 2 September 2016.
  13. Kumalasari, Ellisia. (2009). Analisis Tingkat Kognitif Pertanyaan Pada Buku Teks Matematika Kelas VII Pokok Bahasan Bilangan Bulat Berdasarkan Taksonomi Bloom. Skripsi
  14. Kumalasari, Ellisia dkk. (2022). Literasi Digital Sebagai Upaya Pendampingan Penguatan Kompetensi Pendidik Di Masa Pandemi Covid-19. Hikmayo Jurnal Pengabdian Masyarakat vol 1 Nomer 1 April 2022.
  15. Santosa, Sedya dan Badawi, Jami. (2022) Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal BASICDU Vol 6 No 2 Tahun 2022.
  16. Sudijono, Anas, (2016), Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cetakan ke-15. PT. Rajagrafindo Persada,Jakarta.
  17. Suharman, S. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 93–115
  18. Susetyo, B. 2011. Menyusun Tes Hasil Belajar. Bandung: Cakara.
  19. Syaifullah, S., & Soemantri, D. O. (2016). Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Cv. Zamrud Multimedia Network). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 19–25
  20. Tarmidzi, Pebrian, dkk. (2020). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Sehat Itu Penting Kelas V Sd Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 4 Nomor 2 Agustus 2020
  21. Tilaar, A.L.F. Hasriyanti. 2019. Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia), 8(1), 2019, 57-68 DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068.
  22. Utomo, B. (2019). Analisis Validitas Isi Butir Soal Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).
  23. Zahiroh, Ulfah dkk. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Kimia Pada Ujian Akhir Semester (Uas) Kelas Xi Man 2 Kepulauan Meranti. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry) Vol. 3 No. 1 Januari 2021.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-08-09
Published: 2022-08-14
Section: Artikel
Article Statistics: