PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR
DOI : 10.24269/silogisme.v7i1.5618
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada materi program linear dengan mengimplemtasikan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 5 yang mengambil matakuliah Riset Operasi tahun akademik 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Universitas Muhammadiyah Kupang sebanyak 17 orang. Data penelitian ini berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning. Beberapa yang perlu diperhatikan dalam penerapan model pembelajaran discovery learning ini adalah perangkat pembelajaran (student worksheet) yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang mendukung, dan alokasi waktu yang disedikan dalam setiap pembelajaran. Selain itu, peran guru dalam pembelajaran ini hanya sebagai fasilitator dan memberikan bantuan/bimbingan pada siswa yang memerlukan. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran akan lebih optimal dan siswa memiliki pengalaman belajar.
- Andawiyah, R. (2014). Interrelasi Bahasa, Matematika dan Statistika. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(2), 69–80.
- Duha, C. N., & Nasution, M. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Tabung Terhadap Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Teluk Dalam Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(2).
- Firdaus, H. P. E., & Devanti, Y. M. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4).
- Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 65–74.
- Harisuddin, M. I. (2020). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 1 Pagaden. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(2), 52–61.
- Idris, S. (2015). Peningkatan hasil belajar program linear melalui strategi pembelajaran Inkuiri dan Geogebra siswa kelas XII IPA1 SMA N 1 Tompobulu. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 114–153.
- Junus, A. (2021). Efforts to Improve Student Understanding and Learning Outcomes through the Discovery Learning Learning Model. Pinisi Business Administration Review, 3(1), 1–8.
- Khansa, S. L., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi Arias Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika SOLUSI, 2(4), 259–272.
- Mahmud, M., & Priatna, T. (2008). Penelitian tindakan kelas. Tsabita (Kelompok Sahifa).
- Resi, B. B. F. (2021). Proses Matematisasi Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear. JURNAL EDUKREASI, 6(1), 1–8.
- Safriati, S. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Persamaan Garis Lurus di SMPN 2 Peukan. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27(2), 128–143.
- Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 810–813).
- Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–19.
- Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194.