Profil Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah pada materi SPLDV ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Pada Masa Pandemi-covid-19

Eva Fatmala* - 
Ida Dwijayanti -  , Indonesia
Agnita Siska P -  , Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v7i1.3295

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah SPLDV ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SMP N 2 Warungpring tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Instrumen yang digunakan berupa angket gaya kognitif yaitu Matching Familiar Figure Test (MFFT) yang dikembagkan oleh Warli, tes pemecahan masalah SPLDV dan pedoman wawancara.. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini siswa dengan gaya kognitif impulsif cenderung banyak memiliki kesulitan dibandingkan siswa dengan gaya kognitif reflektif.

 

Keywords
Kesulitan siswa, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Refelktif dan Impulsif
  1. Ardianingtyas, I. R., Sunandar, & Dwijayanti, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 401-408.
  2. Arifin, Z. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika (Landasan Filosofi,Histori dan Psikologi). Surabaya: Lentera Cendikia.
  3. Azhil, I. M., Ernawati, A., & Lutfianto, M. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Implusif. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 60-68.
  4. Handayani, A. P., Shodiqin , A., & Dwijayanti, I. (2017). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Muhammadiyah 1Pekajangan di Pekalongan Kelas X Ditinjau dari Motivasi Belajar. Seminar Naional Matematika dan Pendidikan Matematika, 261-267.
  5. Mulyanti, N. R., Yani, N., & Risma, A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Theorema Phytagpras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol.1 No.3.
  6. Razaei, A, Boroghani, T, & Rahmini, M. A. (2013). Reflectivity/Impulsiviti asan Important Individual Factor and Effectiveness of Awarness Raising Activities. Sino-US English Teaching. 10(4), 281-286
  7. Santia, I. (2015). Representasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 365-381.
  8. Subini. (2012). Psikologi pendidikan . Yogyakarta: Mentari pustaka.
  9. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: ALFABETA cv.
  10. Suradi, & Sahid. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal dan Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 4(5),799-814.
  11. Tyas, A. W., & Wutsqa, D. U. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika kelas XII IPA dikota Yogyakarta . Jurnal Riset Penididikan Matematika, Volume 2, Nomor 2.
  12. Warli. (2010). Kemampuan Matematika Anak Reflektif dan Anak Impulsif. Malang: Prosiding Seminar Nasional
  13. Westwood, P. (2008). What Teacher Need to know about Learning Difficulties. Melbourne: The Aaustralian Council For Education Research.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-12-18
Published: 2022-08-14
Section: Artikel
Article Statistics: